Sulselbar

Wabup Launching Kurikulum Kesenian

LAUNCHING -- Wabup Kepulauan Selayar H Zainuddin, melaunching kurikulum muatan lokal mata pelajaran Kesenian dan Kebudayaan Daerah, di Auditorium Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Selayar baru-baru ini.

KEPULAUAN SELAYAR, BKM — Wabup Kepulauan Selayar H Zainuddin, melaunching kurikulum muatan lokal mata pelajaran Kesenian dan Kebudayaan Daerah, di Auditorium Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Selayar baru-baru ini.
Kurikulum muatan lokal merupakan gagasan dan inovasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar.
“Kurikulum muatan lokal ini berkaitan dengan Diklatpim II yang baru saja kami laksanakan. Setiap peserta diklat diwajibkan untuk membuat gagasan dan inovasi, terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas kami. Olehnya itu saya berinovasi untuk membuat kurikulum muatan lokal, khusus mata pelajaran Kesenian dan Kebudayaan Daerah Selayar. Mata pelajaran ini akan kita mulai pada tahun pelajaran 2018/2019,” ujar Mustakim KR, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar.
Wabup dalam sambutannya mengatakan akan sangat tergantung pada ketersediaan sumber kerja, sumber daya, baik kuantitas maupun kualitas. Semua sumber kerja memiliki posisi yang dominan, karena tanpa satupun diantaranya proses belajar mengajar tidak akan jalan.
“Ketika bicara tentang sumber kerja, antara lain menyangkut SDM, sarana dan parasarana, waktu, biaya, lingkungan yang menunjang, SOP,” ujarnya.
Meski demikian, Wabup menggaris bawahi bahwa peranan guru sebagai bagian yang integral dari SDM itu sangat sentral dari dunia pendidikan.
“Guru itu minimal memiliki dua disiplin ilmu, yaitu ilmu substansi tentang materi yang diajarkan, dan ilmu metologi belajar mengajar. Jangan pernah ada seorang guru berpikir untuk cerdas sendiri, tapi harus bisa mencerdaskan orang lain,” tambahnya.
Dia berharap launching kurikulum muatan lokal mata pelajaran Kesenian dan Kebudayaan Daerah untuk diajarakan di sekolah-sekolah mulai tahun pelajaran 2018/2019. (*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top