Metro

Miliki Kemampuan Manajemen, 518 Kepsek Dilantik

MAKASSAR, BKM — Setelah melantik dua pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulsel, Senin (4/12), Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo kembali akan melakukan pelantikan pejabat, Kamis (7/12). Kali ini, yang dilantik adalah para kepala sekolah SMA/SMK se-Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo menjelaskan sebanyak 518 kepala sekolah akan dilantik dan diambil sumpahnya langsung oleh Gubernur, Syahrul Yasin Limpo.
“Iya, pelantikan akan dilaksanakan besok (hari ini), di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel sekitar pukul 09.00. Pak Gubernur yang akan melakukan pelantikan langsung, ” ungkap Ashari yang akrab disapa Kr Jaja.
Mereka yang dilantik berasal dari kepala sekolah yang sebelumnya sudah menjabat dan guru yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah (cakep). Untuk proses seleksi sendiri dilakukan oleh panitia seleksi.
Dia melanjutkan, pelantikan kepala sekolah ini menjadi satu paket dengan pelantikan dua pejabat eselon II Senin lalu dan seleksi terbuka alias lelang jabatan yang akan dilaksanakan tidak lama lagi.
Ditegaskan jika apa yang dilakukan Pemprov Sulsel sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pihaknya tidak akan gegabah melakukan pelantikan pejabat jika tidak mendapat izin dari Kemendagri.
“Kami sudah melakukan konsultasi dengan Kemendagri. Tidak mungkin kami lakukan kalau tidak ada ijin, ” kata Kr Jaja.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait pengisian jabatan tertinggi di tingkat satuan pendidikan menengah tersebut.
Soal pelantikan kepala sekolah, None menyerahkan sepenuhnya ke Sekretariat Daerah. Pihaknya berharap Kepsek ini dilantik di Makassar secara serentak.
Terkait penilaian utama bagi mereka, mantan pelaksana tugas Bupati Luwu Timur ini menyebutkan ada tiga aspek utama yaitu kemampuan akademik, manajemen dan sosial.
“Hasilnya ditentukan oleh Pansel. Mereka menyesuaikan standar yang telah ditetapkan dan hasil observasi di lapangan,” sebutnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top