Metro

Ditinggal Pelesir, Kantor DPRD Sepi

MAKASSAR, BKM–Suasana di kantor DPRD Makassar nampak tidak seperti biasanya, Rabu (6/12). Kantor yang beralamat di AP Petta Rani tersebut sepi dan tidak terlihat aktivitas penting seperti rapat. Itu dikarenakan 25 wakil rakyat dari Badan Anggaran kompak pelesiran ke sejumlah wilayah di Indonesia.
Dari pantuan di lapangan, kantor dewan sudah terlihat sepi sejak beberapa hari terakhir. Para anggota dewan yang biasanya berada di kantor, kali ini beberapa orang dari mereka terlihat. Aktifitas pun nampak lengang.
Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulsel melalui Koordinatornya, Musaddak mengatakan, hakikatnya kantor DPRD tidak ada istilah tidak ada agenda, sebab masa kerja dewan dihitung selama 12 bulan dan gaji yang dibayarkan bersumber dari uang rakyat.
Apalagi lanjut Dadang sapaan akrabnya, aduan masyarakat masih banyak yang belum dirapatkan. “Inikan sudah era digital, harusnya segala informasi sekaitan kerja-kerja dewan dipublikasikan sehingga lebih transparan,” katanya.
Misalnya, jelas Dadang, setiap ada kunjungan dewan, sekretariat dewan mempublis kota tujuannya ke mana, termasuk anggota-anggota dewan yang berangkat, serta anggaran yang dikeluarkan berapa. Sehingga masyarakat tidak curiga.
Kunjungan kerja dewan memang sudah memiliki payung hukum yang diatur dalam UU 23 tahun 2014, sehingga bukan persoalan menurut Dadang jika dewan melakukan kunjungan, sebab masih termasuk bagian dari kerja dewan.
Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua DPRD Makassar,Adi Rasyid Ali mengaku, sebagian besar aduan masyarakat sudah ditindaklanjuti dengan melakukan rapat dengan pendapat (RDP). ” Sudah 95 persen aduan yang masuk sudah di RDP kan, yang belum memang adalah aduan yang masuk di bulan November hingga Desember ini karena Bamus sudah mengagendakan kunjungan kerja,” katanya.
Ia juga mengaku sudah menandatangani beberapa aduan yang sudah ditindaklanjuti oleh komisi terkait, bahkan sudah menandatangani surat rekomendasi ke Pemkot Makassar.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top