Politik

Berkas IYL-Cakka di Kirim ke Daerah

MAKASSAR, BKM–Berkas dukungan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) akan dikirim di 24 kabupaten kota untuk menjalani tahapan verifikasi faktual. Hal ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggelar pleno pada Rabu (6/12) dinihari.
Berdasarkan hasil verifikasi administrasi berkas dukungan IYL-Cakka, KPU Sulsel memastikan memenuhi syarat untuk di verifikasi faktual.
Komisioner KPU Sulsel, Misna M Attas menuturkan, pihaknya sudah melewati tahapan verifikasi administrasi, dan hasilnya menyatakan berkas IYL-Cakka sisa di verifikasi faktual. “Kita sudah pleno. Tentang jumlahnya kita sementara menginput,” kata Misna, Rabu (6/12).
Kendati masih menginput jumlah yang akan diserahkan ke KPU kabupaten/kota, namun KPU memastikan akan menjalankan tahapan sesuai jadwal yang ditetapkan dengan melibatkan Bawaslu, pihak kepolisian. “Boleh (tim pasangan calon) jika mau menyaksikan (penyerahan berkas) karena siapapun boleh menyaksikan, karena bukan proses tertutup. Tapi yang mengawasi itu ada Bawaslu, dan aparat yang melakukan pengawalan,” tandasnya.
Pada 9 hingga 11 Desember, KPU Kabupaten/Kota akan menyerahkan syarat dukungan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang disaksikan PPK. “Itu akan diserahkan ke PPS, dan dilakukan verifikasi faktual di lapangan pada tanggal 12 sampai 25 Desember selama 14 hari,” tandasnya.
Setelah verifikasi faktual rampung, tanggal 26 sampai 28 Desember akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Selanjutnya 29 sampai 31 rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten/Kota, dan 1 sampai 3 Januari 2018 rekapitulasi di tingkat provinsi.
Sementara itu, dukungan ke IYL-cakka terus berdatangan. Kali ini datang dari kalangan aktivis pemuda dan organisasi daerah (organda).
Guna mematangkan dukungannya, sejumlah perwakilan aktivis pemuda, secara khusus menggelar pertemuan di salah satu warung kopi di Makassar.
Mereka yang hadir, diantaranya, Ketua Umum Pemuda Pemerhati Adat Sulsel (PPAS) Andi Khalik, Ketua DPD I Komando Patriot Sulsel, M Rafli Imran SH, serta sejumlah aktivis pemuda lainnya.
Dari pertemuan itu, mereka membahas tentang kelanjutan kesiapan dukungan untuk Punggawa Macakka di 24 kabupaten/kota di Sulsel. “Kita matangkan persiapan dukungan. Untuk sementara, ada beberapa pengurus inti organisasi kedaerahan siap menyatakan sikap memenangkan IYL-Cakka,” kata M Rafli melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/12). (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top