Gojentakmapan

Maros Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwera

MAROS, BKM — Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyerahkan tropi penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwera kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat Maros, Hj Suraida Hatta. Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyerahkan piagam penghargaan tersebut kepada Sekretaris Daerah, H Baharuddin selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Maros yang diwakilkan Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Hj Maryam Haba.
Penyerahan ini dilakukan dalam upacara peringatan HUT ke-46 Korpri dan Hari Guru Nasional 2017 di lapangan Pallantikang Maros, Senin (4/12). Hatta Rahman menyampaikan, penilaian kabupaten sehat dilaksanakan setiap dua tahun. Pada tahun 2015, Kabupaten Maros menerima penghargaan kabupaten sehat kategori Swasti Saba Padapa dengan cakupan wilayah yang mengikuti program kabupaten sehat sebanyak 8 kecamatan atau 57,14 persen wilayah kabupaten.
Juga mencakup 55 desa dan kelurahan atau 53,40 persen dari luas wilayah kabupaten dengan prioritas pada tiga tatanan, yakni kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan pariwisata sehat, serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.
Pada tahun 2017 ini, Kabupaten Maros meraih penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda dengan cakupan wilayah yang mengikuti program Kabupaten Sehat sebanyak 11 kecamatan atau 78,57 persen dari luas kabupaten. Serta mencakup 79 desa dan kelurahan atau 76,70 persen wilayah kabupaten.
Prioritas pun bertambah menjadi lima tatanan, yakni kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, serta ketahanan pangan dan gizi.
Selain menyerahkan tropi dan piagam penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwera, bupati Maros juga memberikan penghargaan atas partisipasi dan peran serta dalam penyelenggaraan kabupaten sehat tahun 2017 kepada 11 kecamatan, yakni Kecamatan Turikale, Maros Baru, Mandai, Marusu, Tanralili, Bantimurung, Simbang, Cenrana, Bontoa, dan Kecamatan Tompobulu.
Sebelumnya, tropi dan piagam penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwera tersebut diterima oleh Bupati Maros dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof dr Nila Farid Moeloek di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pada Selasa 28 November lalu.(Ari).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top