Metro

Danny: Bisnis Rumah Kos Harus Diperketat

MAKASSAR, BKM– Pemerintah Kota Makassar segera memperketat pengawasan keberadaan bisnis rumah kos di Kota Makassar. Hal tersebut menyusul ramainya bisnis rumah kos sekarang ini di dalam Kota Makassar.

Bahkan penegasan tersebut disampaikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto ke sejumlah wartawan, Selasa (5/12).
Menurut Danny sapaan akrab wali kota, regulasi yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang rumah kos harus ditegakkan. Olehnya itu, aktivitas rumah kos harus diperketat dan ditingkatkan pengawasannya.
Menurut orang nomor satu di Makassar, peraturan daerah (Perda) yang telah dibentuk memiliki tujuan yang baik, tiada lain agar bisnis rumah kos lebih tertib dan terindentifikasi keberadaan.
“Rumah kos harus ditertibkan dengan baik karenaregulasinya sudah jelas ada di dalam aturan perda. Tinggal bagaimana perda tersebut harus ditegakkan,” kata Danny.
Selain penertiban dari aparat pemerintah, pengawasan rumah kos juga diharap dapat dilakukan secara kolektif dengan masyarakat setempat. Dengan aktif melaporkan rumah kos di wilayah masing-masing. “Ini menjadi hal serius dan menjadi konsen kita bersama-sama,” ” tegas Danny.
Sementara itu, Kasatpol PP Kota Makassar Iman Hud belum behasil dihubungi untuk memberikan komentar menyikapi permintaan Wali Kota Makassar untuk turun melakukan penertiban rumah kos.
Menyikapi hal itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol) PP Kota Makassar, Iman Hud mengaku kalau dalam waktu dekat menerjunkan personelnya melakukan operasi dan penertiban rumah kos di Kota Makassar. Namun sebelum turun ke lapangan, Satpol PP lebih dulu melakukan kordinasi ke masing-masing kecamatan agar bisa turun secara bersama-sama.
“Segera kita turun operasi dan kita akan kordinasikan ke masing-masing kecamatan biar bisa turun bersama,” ujarnya.
Adapun sasaran dalam operasi, kata Iman Hud, mendata dan menertibkan rumah kos yang tidak berizin. Adapun sanksinya yang diberikan berupa penutupan bisnis rumah kos. “Ketika turun dan menemukan adanya rumah kos tanpa izin kita berikan sanksi penutupan,” tegasnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top