Headline

SYL Sebut tak Rubuh, Instruksikan Teliti Penyebab Gagal Cor

GUBERNUR Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, menegaskan jika Stadion Barombong tidak rubuh seperti yang beredar beberapa hari terakhir. Menurut orang nomor satu Sulsel itu, ada segmen tertentu yang strukturnya bersoal sehingga campuran bahan pengecorannya jatuh.
“Jadi bukan rubuh seperti yang ramai beredar, ” ungkap Syahrul di sela-sela peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum, Senin (4/12) di Taman Pakui Sayang Jalan AP Petta Rani.
Dengan kondisi seperti itu, lanjut Syahrul, dia memerintahkan wakil gubernur, sekretaris provinsi (sekprov) serta kepala Dinas Pemuda dan Olahraga segera menyelesaikan persoalan yang ada.
“Dengan kondisi itu, saya perintahkan Pak Sekda, Wagub turun tangan untuk mengendalikan langsung bersama Kadispora. Segera selesaikan apa yang ada,” tegasnya.
Dia juga menginstruksikan agar dilakukan penelitian penyebab gagal cor lantai 3 di dua segmen pekerjaan pada tribun selatan Stadion Barombong tersebut.
“Tentu saja, kita berharap bersamaan dengan itu dilakukan penelitian. Toh di sana ada konsultan yang ditunjuk pemerintah. Konsultan itu bertanggung jawab secara teknis seperti apa. Kita konsentrasi dengan pemulihan dan penyelesaian,” jelasnya.
Syahrul mengatakan, sebenarnya apa yang terjadi tidak perlu terlalu dipersoalkan sehingga tidak terlalu menghambat pekerjaan. Dia tetap optimistis jika pekerjaan tetap jalan terus dan bisa rampung sesuai jadwal yang telah ditentukan.
“Ini tidak besar. Tidak menghambat pekerjaan. Kita berusaha menyelesaikan tepat waktu,” pungkasnya.
Kepala Dispora Sulsel Sri Endang Sukarsih, kembali menegaskan jika yang terjadi merupakan masalah teknis, yakni pengaruh cuaca terhadap penyangga konstruksi.
“Tiang penyangga sudah kena hujan dan angin selama beberapa hari, sehingga kekuatan atau ketahanannya dapat menurun. Hal ini mengakibatkan beban yang diterima melampaui kapasitas penyangga,” jelas Sri Endang.
Selain itu, menurut Sri Endang, pekerjaan stadion juga sedikit menyulitkan lantaran faktor cuaca yang ekstrem. Apalagi berada di pesisir pantai. Walaupun begitu, pekerjaan tetap berjalan dan optimis selesai sesuai target
“Itu juga terjadi karena faktor cuaca. Namun, walaupun waktunya sempit, kita tetap optimis bisa mencapai target yang telah ditetapkan sesuai waktunya,” katanya.
Sri Endang menegaskan jika insiden tersebut tidak akan berpengaruh dan menghambat pekerjaan proyek. “Pembangunan tetap kita lanjutkan sesuai target waktu,” tambahnya.
Dia kembali menekankan, penting untuk diketahui, bukan rubuh secara keseluruhan tetapi hanya terjadi kerusakan pada 1 segmen sehingga membuat segmen di dekatnya sedikit terganggu.
“Saya sudah tegaskan untuk secepatnya diperbaiki dalam dua hari ini dengan mengacu pada arahan konsultan pengawas,” jelasnya. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top