Headline

Kejati Bidik Stadion Barombong

MAKASSAR, BKM — Ambruknya konstruksi tribun bagian selatan lantai tiga Stadion Barombong, mendapat perhatian serius dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel. Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4D) membidik pihak-pihak yang terkait dengan megaproyek tersebut.
TP4D bahkan tengah menyusun agenda untuk memanggil Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Pemanggilan tersebut sekaitan dengan kepentingan pengawalan proyek strategis pemerintah.
Ketua TP4D melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Salahuddin, menyampaikan rencana pemanggilan itu ketika dihubungi, Senin (4/12). Ia menerangkan, PPK akan dimintai keterangannya terkait progress pelaksanaan proyek, serta memperjelas peristiwa ambruknya tribun penonton bagian selatan.
”PPK proyek akan dipanggil secara resmi di bawah koordinasi ketua TP4D. Agendanya, meminta keterangan serta didengarkan laporannya sekaitan dengan progres pengerjaan Stadion Barombong,” jelas Salahuddin.
Pemanggilan PPK oleh TP4D cukup beralasan. Karena ternyata, tim ini telah diminta untuk mendampingi proyek pembangunan Stadion Barombong. Namun sampai saat ini TP4D tidak pernah diberikan ataupun menerima laporan perkembangan kegiatan di lapangan.
Selain akan memanggil PPK, TP4D juga akan turun langsung ke lokasi proyek. Langkah tersebut dimaksudkan untuk melihat langsung kondisi pekerjaan Stadion Barombong. Termasuk bagian tribun yang rubuh.
Selain kejati, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel juga bereaksi atas peristiwa ini. Komisi E yang menjadi mitra kerja Dinas Pemuda dan lahraga Pemprov Sulsel akan melakukan pemanggilan kepada pihak-pihak yang etrkait.
”Kita akan memanggil semua pihak yang terkait. Termasuk pengawas dan kontraktornya, serta ahli di bidang bangunan,” ujar Ketua Komisi E DPRD Sulsel HA Kadir Halid, kemarin.
Sebelumnya, legislator Partai Golkar ini mendatangi lokasi proyek Stadion Barombong. Ia menegaskan agar area bangunan yang rubuh tidak boleh diutak atik dulu.
Ditanya apakah ada tim investigasi yang akan dilibatkan untuk mencari tahu penyebab ambruknya bagian stadion, Kadir menegaskan, kemungkinan besar dilakukan. ”Mungkin ada ahli yang akan kita libatkan,” tandasnya.
Apakah dewan nantinya akan menyetujui anggaran tambahan untuk Stadion Barombong di APBD 2018, Kadir Halid hanya berujar pendek. ”Kita panggil dululah semua yang terlibat,” ucapnya. (mat-rif/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top