Metro

Diakhir Masa Jabatan, Syahrul tetap Gelar Mutasi

MAKASSAR, BKM — Di akhir masa jabatannya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo masih tetap ‘ngotot’ untuk melakukan pergeseran maupun mutasi jabatan.

Padahal, berdasarkan ketentuan, enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan seorang kepala daerah, termasuk gubernur dan wakil gubernur, tidak diperbolehkan melakukan pelantikan ataupun mutasi jabatan kecuali ada ijin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Karena persoalan itu, Pemprov Sulsel terus melakukan koordinasi dan minta ijin agar diberi kesempatan untuk melakukan pengisian jabatan dan mutasi.
Alasannya, masih ada beberapa jabatan yang saat ini kosong karena ditinggalkan pejabatnya yang sudah memasuki masa pensiun.
Dan akhirnya, permohonan itu dikabulkan oleh Kemendagri. Tidak mau berlama-lama, Pemprov langsung tancap gas untuk mempersiapkan seleksi terbuka alias lelang jabatan.
“Yah kami sudah kantongi ijin untuk lelang jabatan. Paling lama minggu depan, proses seleksi jabatan sudah akan dibuka, ” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Latif, Senin (4/12).
Dia memberi gambaran, kalau bukan enam, tujuh jabatan bakal dibuka untuk lelang jabatan.
“Staf ahli dua, kepala biro kemungkinan hingga tiga, dan Kepala Dinas Perkebunan,” ungkapnya.
Saat ini, di lingkup Pemprov, memang ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang diisi pelaksana tugas. Diantaranya, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Biro Aset, dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan.
Namun, lanjut Latif, sebelum membuka lelang jabatan, Pemprov Sulsel terlebih dahulu akan mengisi posisi Kepala Inspektorat yang Sebelumny memang dibuka untuk pejabat eselon II Pemprov Sulsel.
Proses lelang jabatan ini diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan. Sehingga diprediksi pejabar yang akan mengisi formasi yang kosong akan dilantik awal atau pertengahan Januari mendatang.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo membenarkan jika Pemprov Sulsel mendapat lampu hijau untuk melakukan seleksi terbuka atau lelang jabatan. Saat ini, pihaknya mulai mempersiapkan segala sesuatunya agar semua proses berjalan lancar. Mengingat waktu yang diberikan untuk pengisian jabatan cukup singkat.
“Yah kami sudah mulai mempersiapkan untuk proses seleksi terbuka itu, ” pungkasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top