Bisnis

HSBC-PSF Edukasi Keuangan Untuk Istri Nelayan

MAKASSAR, BKM — Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung perluasan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, HSBC bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan Sampoerna University, diselenggarakan lokakarya dan edukasi keuangan untuk istri nelayan di Wakatobi, bertempat di Taman Budaya Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akhir pekan lalu.
Sebanyak 100 peserta diberikan edukasi dan pelatihan dasar mengenai cara mengelola keuangan keluarga. Pemberdayaan wanita lewat edukasi keuangan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat, wanita memiliki posisi strategis dalam mengatur keuangan disektor yang paling mikro, yaitu keluarga.
Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia, menjelaskan, pemahaman dan inklusi keuangan, terutama lewat wanita, memiliki peranan penting dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Lebih dari itu, setelah mendapatkan pembelajaran, harap Nuni, nantinya para istri nelayan dapat terinspirasi untuk memulai sebuah usaha sederhana yang dapat menjadi tambahan pemasukan untuk keluarga. Ini merupakan cerminan komitmen HSBC untuk senantiasa mendorong bisnis yang berkesinambungan dengan membangun masyarakat dari segi sosial, lingkungan, dan ekonomi di manapun HSBC berada.
Wahyoe Soedarmono selaku Project Manager Program Kerjasama HSBC-PSF sekaligus ekonom dari Sampoerna University, menjelaskan, dalam setiap program edukasi keuangan yang dijalankan, sangat penting memastikan metode dan materi yang diajarkan relevan dengan kondisi dan kebutuhan peserta. Edukasi keuangan kali ini menggunakan pendekatan interaktif. Harapannya, ibu-ibu rumahtangga dari para nelayan dapat mengurangi perilaku konsumtif, serta meningkatkan perilaku produktif lewat menabung untuk masa depan.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setempat sangat menyambut baik kegiatan ini. Ridhony M Hutasoit, Kepala Sub Bagian Pengawasan Bank 2 OJK Sulawesi Tenggara, menyatakan, kegiatan edukasi seperti ini selaras dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong kesejahteraan nelayan lokal. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top