Gojentakmapan

KKP dan AP I Launching Corner Kewaspadaan Penyakit

MAROS, BKM — Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama PT Angkasa Pura I, melaunching Corner Kewaspadaan Penyakit di Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggu (12/11).
Menurut Kepala KKP Kelas I Makassar, dr Darmawali Handoko, corner kewaspadaan penyakit ini hadir berdasarkan Instruksi Presiden RI Nomor 1 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
”Corner kewaspadaan penyakit ini berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi serta untuk mendeteksi dini faktor risiko penyakit,” jelasnya.
Ia juga mengaku jika corner kewaspadaan penyakit ini merupakan yang pertama di Indonesia. ”Ini pertama kita lakukan di sini. Kalau ini berhasil, maka akan dicoba di seluruh Indonesia,” sebutnya
Ia berharap, para pengguna jasa Bandara bisa datang ke corner kewaspadaan penyakit ini untuk memperoleh informasi. Selain itu, juga disiapkan jamu untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.
Setiap penumpang yang akan bepergian ke satu tempat akan diberi penjelasan mengenai tempat itu dan penyakit yang kerap timbul. Sedangka GM PT Angkasa Pura I, Cecep Marga Sonjaya, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung program dari KKP.
Menurutnya, kehadiran konter ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada pengguna jasa bandara. Apalagi, Bandara Sultan Hasanuddin sebagai pintu gerbang di wilayah Indonesia Timur, tentu memiliki banyak tantangan
”Salah satu tantangannya yakni penyakit menular yang masih menjadi masalah dan memerlukan kontribusi dari semua pihak. Salah satu pelayanan yang diberikan yakni surveilans penyakit menular di daerah tujuan.
”Layanan ini disediakan bagi penumpang yang ingin mengetahui faktor risiko kesehatan apa yang terdapat di daerah yang akan dituju dan juga cara pencegahannya atau langkah
antisipasinya,” katanya. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top