Headline

Hotel di Makassar Adopsi Alexis

MAKASSAR, BKM — Di Jalan Nusantara, Kecamatan Wajo, terdapat sebuah hotel bertingkat enam bernama Ocean View. Jika dilihat sekilas, bangunan ini tak jauh berbeda dengan hotel lainnya. Yang menarik adalah ornamen dinding luar gedung. Desainnya mirip dengan yang terpampang di Hotel Alexis Jakarta, yang belum lama ini tak diperpanjang izinnya.
Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Malam (AUHM) Makassar Zulkarnaen Ali Naru membenarkan hal itu. Menurut dia, pemilihan warna serta ornamen luar gedung Hotel Ocean View dasarnya terinspirasi dari Hotel Alexis di Jakarta. Namun, ia memastikan jika aktifitas dalam hotel Ocean View tidak menyediakan fasilitas surga dunia.
Diakui Zul, sudah tiga tahun Hotel Ocean View berdiri dan beroperasi di Jalan Nusantara. Selama itu juga pihak hotel tidak pernah menyediakan fasilitas surganya dunia atau prostitusi.
“Memang ornamen warna di dinding bangunan hotel sama dengan di Hotel Alexis Jakarta. Tapi fasilitas yang ada dalam hotel tidak sama. Kita jamin itu. Sudah tiga tahun berdiri dan tidak ada menyediakan fasilitas yang macam-macam,” terang Zul, Selasa (14/11).
Dia juga memastikan, mantan pekerja di Hotel Alexis tidak masuk dan bekerja di Makassar. Apalagi di Hotel Ocean View. Alasannya, karena masih banyak hotel-hotel di Jakarta yang mau menerima dan ingin mempekerjakan mereka.
“Mantan pekerja Hotel Alexis susah masuk Makassar untuk bekerja. Masih banyak hotel lain di Jakarta mau pekerjakan mereka. Jadi saya pastikan tidak ada masuk di Makassar,” tandasnya.
Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Makassar Iman Hud, berjanji akan mengambil tindakan tegas jika memang ada hotel yang melakukan pelanggaran.
Terkait Hotel Ocean View, Iman Hud menegaskan, bisa saja ornamennya sama. Namun fasilitas yang ditawarkan belum tentu sama. Hotel Ocean View bisa saja ditindaki ketika terbukti menyediakan fasilitas prostitusi, yang tentu sudah jelas menyalahi aturan.
“Kalau ada bukti kuat Hotel Ocean View menyediakan fasilitas sama dengan Hotel Alexis, pasti kita turun tindaki. Sejauh ini kami belum dapat bukti. Bisa saja ornamennya sama, tapi belum tentu fasilitas yang ditawarkan sama,” ujarnya.
Dari pantauan BKM, corak warna pada bangunan luar Hotel Ocean View menggunakan warna kuning, orange dan latar belakang biru tua. Begitu pula di bagian samping atas gedung.
BKM berusaha menemui manajemen hotel untuk meminta penjelasan. Hanya saja, resepsionis hotel mengaku tidak mengetahui dan tak bersedia memberitahukan keberadaan manajer hotel.
“Publik Relation (PR) tidak ada kita punya. Saya juga tidak tahu di mana sekarang manajer,” cetusnya.
Terpisah, anggota DPRD Makassar berjanji akan turun untuk mengecek izin usaha Hotel Ocean View. Selain itu, juga untuk memastikan tidak ada pekerja hiburan malam dari Hotel Alexis yang pindah ke tempat ini.
Ketua Komisi A Abdi Asmara menegaskan, saat ini banyak tempat usaha yang tidak sesuai peruntukkan, seperti hotel, restoran dan cafe. Karenanya, dia meminta Dinas Pariwisata dan Dinas Prizinan memperketan pengawasan serta penerbitan izin usaha hiburan malam.
“Usaha hiburan malam banyak yang melanggar izin. Kita akan turun memeriksa satu persatu. Termasuk hotel dan cafe. Kalau ada penyimpangan dan laporan warga mengenai usaha Hotel Ocean View, kita akan ke sana lagi memeriksa izinnya,” ujar Abdi Asmara di ruang banggar, Selasa (14/11).
Legislator Fraksi Demokrat ini menilai, pengawasan yang dilakukan pemerintah kota terhadap hiburan malam saat ini begitu lemah. Bahkan, patroli terhadap sejumlah usaha hiburan malam sangat jarang dilakukan. Hal ini mengakibatkan banyak kegiatan yang terindikasi menyimpang menyebar di hotel dan cafe.
“Tidak mugkin kita lakukan sidak kalau tidak ada indikasi dan laporan masyarakat. Kita akan tindaki laporan masyarakat, bila ada yang menyimpang di Hotel Ocean View yang katanya mirip Alexis,” ujarnya.
Penegasan serupa disampaikan Wahab Tahir. Anggota dewan dari Partai Golkar ini menegaskan, jika Hotel Ocean View melanggar pasti ditindaki.
“Tidak ada tempat usaha yang kita biarkan melanggar. Apalagi dicurigai seperti Alexis. Kemarin kita disoroti tebang pilih. Kita akan tinjau nanti di sana sebagai bentuk pengawasan,” tandasnya. (arf-ita/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top