Sulselbar

Perkumpulan Petani Gelar Pesta Adat

HIKMAD -- Acara Mappadengdang di Bendungan Irigasi Lajaroko berlangsung hikmad

SOPPENG, BKM — Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kecamatan Marioriawa menggelar acara Mappadengdang (pesta adat) dan menyembelih kerbau di Bendungan Lajaroko, Kelurahan Manorangsalo Salo Kecamatan Marioriawa, Senin (13/11).

Acara pesta adat sebagai bentuk rasa syukur atas reski yang diberikan oleh Allah SWT kepada para petani di daerah ini.
Salah seorang petani Lakalu mengakui acara syukuran menjadi acara adat yang secara turun temurun oleh petani sejak ratusan tahun silam. Sementara anggota P3A Marioriawa Latere menjelaskan ritual syukuran dilaksanakan setiap tiga tahun sekali.
”Sebelum naik ke bendungan terlebih dahulu menggelar acara Mappadengdang di rumah sesepuh kampung selama tiga malam berturut-turut lalu membawa kerbau ke bendungan irigasi untuk disembelih. Kemudian kepala kerbau tersebut di cebur ke dalam air yang dalam,” ujar Latere.
Sementara Bupati Soppeng yang diwakili Camat Marioriawa Abdul Chair mengapresiasi apa yang dilakukan P3A Marioriawa. Hal ini patut dijaga dan dilestarikan.
”Sekecil apapun nikmat yang diberikan Allah SWT kita harus syukuri karena jika tidak kita syukuri maka kita akan menjadi orang yang kufur nikmat.”ujar Abdul Chair.
Warga patut berbangga karena acara bertarap nasional ini dilaksanakan di Kecamatan Marioriawa dengan dihadiri Menteri Pertanian dan Menteri Riset dan Teknologi.
ketua panitia pelaksana Yunus mengatakan dasar pekaksanaan kegitan tersebut intruksi Bupati Soppeng tentang pelestarian Oni Oni Toriolo dan hasil rapat P3A. (ono/D)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top