Politik

Cakka Terima Penghargaan dari Kemenkes

MAKASSAR, BKM–Bakal calon wakil gubernur yang masih tercatat sebagai Bupati Luwu Andi Mudzakkar kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.
Apresiasi kali ini datang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan memberikan penghargaan kepada Cakka-panggilan akrab Andi Mudzakkar atas perhatian dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
Di Baruga Karaeng Patingaloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Cakka yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Luwu, dr Suharkimin Sumar, menerima penghargaan tersebut.
Usai acara, Suharkimin menjelaskan, ada banyak kriteria Pemkab Luwu memperoleh penghargaan pada bidang kesehatan. “Dari struktur APBD Kabupaten Luwu, kami menempatkan anggaran sebesar 20,57 persen di bidang kesehatan, sementara syarat dari pemerintah pusat hanya 10 persen,” ujarnya.
Suharkimin mengemukakan bila pihaknya juga telah dilakukan penandatangan MoU dengan BPJS Kesehatan untuk menjamin kepesertaan seluruh masyarakat di Kabupaten Luwu mulai berjalan saat ini.
“Tahun depan, 2018 secara utuh terlaksana, kami usulkan anggaran sebesar Rp27 miliar lebih untuk mengkaper biaya atau iuran BPJS Kesehatan seluruh masyarakat,”kuncinya.
Di bawah kepemimpinan Cakka, Luwu banyak mengalami perubahan mendasar. Itu sebabnya, penghargaan dan keberhasilan terus ditorehkan selama ini. Termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat desa.
Di samping itu, Cakka juga memberi perhatian khusus pada sektor pendidikan. Bahkan, guru honorer yang jumlahnya ribuan itu diberi upah atau honor sesuai Upah Minimun Provinsi (UMP) 2017.
Sementara itu, bakal calon gubernur Ichsan Yasin Limpo (IYL) juga tetap memperlihatkan perhatiannya terhadap lembaga pendidikan.
Secara khusus, IYL yang juga ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Anre Gurutta Haji (AGH) Prof Dr Rafii Yunus Martan sebagai ketua umum PB As’adiyah, diarena Muktamar ke XIV di Balikpapan, Kalimantan Timur yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 November. “Selamat kepada Gurutta (Prof Dr Rafii Yunus) yang kembali terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum PB As’adiyah,”ujar IYL sesuai rilis yang dikirim keredaksi.
Sekadar diketahui, As’adiyah yang berpusat di Sengkang, Wajo, semenjak didirikan Anre Gurutta HM As’ad, perkembangannya terus melesat. Sejauh ini, As’adiyah sudah memiliki ratusan cabang di Indonesia, baik untuk tingkat Madrasah Ibtidayah (SD), Tsanawiyah (SMP), Aliyah (SMA), maupun perguruan tinggi.
Sehari sebelumnya, IYL menghadiri undangan pernikahan putri besannya di Jakarta, Minggu (12/11) malam. IYL yang juga mantan Bupati Gowa ini kompak mengenakan pakaian adat Jawa. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top