Headline

Siswa SMA Dalangi Pembobolan Rumah Kos

MAKASSAR, BKM — Seorang siswa SMA kelas III di Makassar diringkus anggota Resmob Polrestabes Makassar, Minggu (12/11) pukul 03.30 Wita. RA alias Ek (18) diamankan di Jalan Sultan Alauddin, menyusul keterlibatannya sebagai dalang aksi pembobolan rumah kos dan jambret di wilayah hukum Polrestabes Makassar.
Kepada polisi yang memeriksanya, tersangka mengaku sudah beberapa kali membobol rumah kos, baik yang dihuni mahasiswa maupun tempat kos lainnya. Ia beraksi ketika penghuni keluar dan meninggalkan kamar.
Modusnya, tersangka mencongkel gembok pintu rumah kos menggunakan linggis kecil serta obeng. Selanjutnya ia masuk ke dalam dan mengobrak abrik isinya. Dari dalam dia mengambil handphone (HP), laptop serta barang berharga lainnya.
Selain itu, tersangka juga sering terlibat aksi begal dan jambret di jalan raya. Lokasinya ada beberapa titik.
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Anwar Hasan, membenarkan jika Ek merupakan spesialis pembobol rumah kos lain serta terlibat kasus penjambretan. ”Tersangka berhasil diringkus dari hasil keterangan rekannya yang sudah diamankan. Kasusnya masih dalam pengembangan guna mencari barang bukti yang sudah dijual kepada penadah,” kata AKBP Anwar Hasan, kemarin.
Dalam catatan kepolisian, KR kerap melakukan aksinya bersama dua orang rekannya yang berstatus sebagai mahasiswa. Mereka adalah Asrul alias Accung, warga Jalan Bontomanai beserta Muslimin. Keduanya sudah lebih dahulu diamankan oleh polisi.
Kala beraksi, komplotan ini terlebih dahulu menodong korbannya. Setelah itu mereka merampas barang elektronik yang dibawanya, lalu melarikan diri.
Sudah ada ratusan HP serta puluhan laptop yang mereka gasak. Lokasinya di rumah kos sepanjang Jalan Sultan Alauddin, Mallengkeri, Minasa Upa, Toddopuli dan beberala tempat lainnya.
Barang elektronik hasil curiannya itu dijual para tersangka ke beberapa counter HP. Harganya cukup murah, mulai Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per unit. Sementara komputer jinjing dilego dengan harga Rp1 juta hingga Rp2 juta. Bahkan ada diantaranya yang dibarter dengan narkoba jenis sabu.
Usai diperiksa, tersangka kemudian dibawa untuk menunjukkan tempat menyembunyikan barang hasil curiannya. Hasilnya, empat orang penadah diamankan. Diamankan pula tujuh unit HP. (jul-ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top