Kriminal

Penyidik Rampungkan Berkas Perkara Bupati Takalar

BKM/JUNI SEWANG RAMPUNGKAN BERKAS-Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin (tengah) yang menjalani penahanan di Lapas Klas I Makassar. Penyidik Kejati sementara merampungkan berkas perkaranya.

MAKASSAR, BKM — Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel tengah merampungkan berkas penyidikan tersangka Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin. Saat ini, Bur ditahan Lapas Klas I Makassar terkait kasus dugaan korupsi penjualan lahan pemukiman transmigrasi di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar tahun 2015.
”Saat ini penyidik masih menyusun serta merampungkan berkas penyidikannya, sebelum perkaranya diserahkan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum),” ujar Salahuddin, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel.
Menurutnya, penyidik masih punya banyak waktu untuk berkas kasus tersebut. Sehingga prosesnya tidak perlu terburu-buru. Dengan begitu, akan mudah bagi menyidik untuk menyusun secara cermat berkas kasusnya.
Ditanya soal kapan tersangka beserta barang buktinya dilimpahkan ke persidangan, Salahuddin mengatakan, semua tergantung dari penyidik. “Kalau memang sudah rampung, pasti kita serahkan ke JPU. Nanti JPU yang limpahkan ke pengadilan,” tandasnya.
Untuk saat ini, tambah Kasi Penkum, berkas serta perkara tersebut masih di tahap penyidikan. Diapun memastikan, sebelum masa penahanan tersangka habis, berkasnya pasti sudah dilimpahkan.
Selain Bur yang ditahan dalam perkara ini, tiga orang lainnya telah diproses hukum. Masing-masing Camat Mangarabombang Nur Oetary, Kepala Desa Laikang Sila Laidi dan Sekertaris Desa Laikang Risno. Ketiganya telah divonis bersalah dalam kasus tersebut oleh mejelis hakim Pengadilan Tipikor Makassar beberapa waktu lalu. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top