Sulselbar

Pemprov Bakal Dapat Dana Bagi Hasil Dari Blok Migas

MAMUJU, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) saat ini telah mendapatkan angin segar dan kabar gembira tentang bagi hasil Migas yang ada pada wilayah luar Sibuku. Yakni di pertambangan migas yang ada pada wilayah perairan antara Kabupaten Majene, Provinsi Sulbar) dan wilayah Provinsi Kalsel.
Ini proses yang sudah lama bergulir. Dimana ketika itu Pemprov Sulbar masih dinakhodai Anwar Adnan Saleh. Sehingga lobi-lobi yang dilakukan antara Pemprov Sulbar dan pelaksana atau holding selaku pengelola yang ada di wilayah dua provinsi tersebut.
Untuk itu, Pemprov Sulbar terus melakukan langkah koordinasi dalam masalah tersebut. Bagi Pemprov Sulbar, tidak ada kata berhenti melakukan perjuangan untuk bisa mendapatkan hak dana bagi hasil dari perusahaan Migas ini. Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulbar, Abd Wahab Hasan Sulur, saat ditemui BKM di ruang kerjanya, akhir pekan lalu menjelaskan, baik Provinsi Sulbar maupun Provinsi Kalsel belum mendapatkan dana bagi hasil dari holding perusahaan Migas ini. Padahal, jalur administrasi telah dilakukan antara Pemprov Sulbar, Pemprov Kalsel, dan pemerintah pusat melalui kementerian ESDM.
”Kapasitas kami di biro pemerintahan Pemprov Sulbar hanya menyiapkan administrasi untuk proses mendapatkan bagi hasil atas pertambangan Migas. Soal dana bagi hasil itu telah diatur dalam UU,” papar Wahab.
Untuk proses ini, lanjut Wahab, telah dilakukan penandatanganan surat antara dua gubernur. Yakni dari Gubernur Sulbar dan Gubernur Kalsel saat itu. Selanjutnya dilakukan tindak lanjut untuk memintas kepada menteri ESDM di Jakarta.
”Pemprov Sulbar akan melakukan permonohonan ini ke pusat. Diharapkan, proses antara pemerintah pusat melalui kementerian ESDM dan pihak perusahaan Migas dapat disaksikan secara langsung anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Sulbar adalah salah satunya juga akan mewakili masyarakat Sulbar dalam proses ini,” ujarnya. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top