Metro

Pemkot Warning Pohon Tumbang di Lima Ruas Jalan

MAKASSAR, BKM– Untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat sewaktu-waktu terjadi di saat musim hujan, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membentuk posko induk pengawasan di Jalan Kerung-kerung, Kecamatan Makassar.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Makassar, Bahar Cambolong mengatakan, mengingat pohon tumbang yang sering terjadi ketika musim penghujan, maka tahun ini DLH Makassar kembali membentuk posko induk untuk memberikan pelayanan, menerima laporan masyarakat, dan sebagai tempat kumpulnya petugas sebelum turun melakukan patroli atau pengawasan kondisi pohon setiap hari.
Kata Bahar, pengontrolan dilakukan untuk mengetahui dan mendata pohon yang baik dan tidak baik lagi untuk berdiri. Ketika petugas menemukan adanya pohon yang lapuk dan rawan tumbang dengan usia yang tua, maka pohon tersebut harus ditebang.
“Setiap hari petugas turun melakukan patroli melihat kondisi pohon di semua wilayah di Makassar. Kalau ada yang tidak layak lagi pasti kita pohon. Posko yang kita bentuk juga untuk menerima laporan dari masyarakat ketika ada pohon tumbang,” katanya kepada BKM, Minggu (12/11).
Adapun data yang dimiliki DLH Makassar, tercatat lima ruas jalan yang memiliki pohon kayu berusia lebih dari 100 tahun seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Dr Sutomo, Jalan Durian, Jalan Monginsidi dan Jalan Ratulangi. Pengguna jalan diminta berhati-hati ketika melintasi ruas jalan tersebut. Sebab pohon kayu tua dinilai rawan tumbang terlebih disaat masuknya musim hujan.
Ciri-ciri pohon yang berusia tua dan rawan tumbang dapat dilihat kasat mata. Ciri-cirinya pohon tidak lagi rimbun, dahan pohon sudah kering, dan terdapat lubang di batang pohon. Di mana pohon tersebut sudah lapuk dan bahaya jika dibiarkan berdiri.
“Jenis pohon di lima ruas jalan itu ada pohon Mahoni, Angsana dan Trembesi. Segera kami turun melakukan penebangan pohon-pohon tua,” ucapnya.
Menyikapi hal itu, anggota DPRD Makassar meminta DLH Kota Makassar melakukan antisipasi untuk pemangkasan pohon yang sudah rawan atau rapuh di jalan-jalan. Terlebih lagi dewan minta DLH buka Quick Response dark menginggat saat ini sudah memasuki musim hujan.
“DLH harus Quick Response dark karena memang sudah banyak ranting pohon yang mulai rapuh. Jangan tunggu ada yang jadi korban dulu baru bertindak, harus segera karena hujan juga mulai intens saat ini,” ungkap Anggota DPRD Makassar, Syamsuddin Kadir, kemarin.(arf-ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top