Metro

545 Tenaga Kerja ‘Keroyok’ Stadion Barombong

MAKASSAR, BKM — Pembangunan Stadion Barombong terus dipacu. Pasalnya, proyek prestisius itu ditargetkan rampung akhir Desember mendatang.
Agar progres penyelesaian bisa dipercepat, pengerjaan Stadion Barombong dilaksanakan siang malam dilakukan dalam tiga shift pekerjaan. Selain itu, tenaga kerja yang terlibat dalam pembangunan Stadion Barombong ditambah 128 orang.
Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan, sebelumnya, tenaga kerja yang dilibatkan untuk mengeroyok Stadion Barombong sebanyak 420 orang.
“Tapi kami ingin agar pekerjaan on progress atau melebihi dari target yang sudah ditetapkan. Jadi ditambah 125 orang. Total pekerja yang terlibat di Stadion Barombong sebanyak 545 orang, ” ungkap Muhlis.
Dia melanjutkan, progres pekerjaan saat ini untuk tribun selatan dan utara dari target 37,34 persen, terealisasi 37,57 persen. Artinya, berjalan sesuai yang diharapkan. Untuk tribun selatan pekerjaan dibagi dalam 18 segmen dan tribun utara dibagi tujuh segmen. Proyek ini mulai dilaksanakan pada 18 September dan diharapkan selesai 17 Desember mendatang.
Sementara tribun barat, realisasi per November, target yang ditetapkan sebesar 13,64 persen. Namun progres pekerjaan sejauh ini 21,76 persen. Artinya lebih maju dari yang diharapkan.
Untuk tribun barat, kontrak kerja dimulai 4 November dan diharapkan rampung 31 Desember mendatang.
Pengerjaan tribun barat dilaksanakan oleh PT Usaha Subur Sejahtera (USS). Dengan pagu anggaran Rp44,2 miliar.
Tribun selatan dan utara lebih dahulu dilaksanakan. Di mana PT Usaha Subur Sejahtera memenangkan tender dengan pagu anggaran sebesar Rp46,031 miliar.
Muhlis melanjutkan, tahun depan, rencananya Stadion Barombong kembali mendapat kucuran anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel 2018 senilai Rp70 miliar. Anggaran itu untuk mengerjakan finishing stadion hingga rampung keseluruhan dan bisa diresmikan Maret.
“Tahun depan, dikucurkan Rp70 miliar untuk finishingnya, ” ungkap Muchlis.
Pekerjaan yang akan dilaksanakan tahun depan menggunakan anggaran Rp70 miliar tersebut mulai akan ditender akhir Desember mendatang sehingga Januari sudah bisa langsung dikerjakan.
Sementara itu, Kepala Biro Pembangunan Sulsel, Jumras menjelaskan, jika melihat progres pekerjaan di lapangan, pihaknya optimistis proyek tersebut bisa selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Perwakilan PT Usaha Subur Sejahtera, Dahlan mengatakan tribun selatan dan utara saat ini terus dikebut agar bisa diselesaikan sesuai waktu yang telah direncanakan. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top