Kriminal

Teman Tewas Dihakimi Massa, Penjambret Ditembak

MAKASSAR, BKM — Rinaldi alias Aldi (20) adalah seorang tersangka yang buron selama tiga bulan terakhir. Iapun diringkus petugas Tim Khusus Polda Sulsel yang dipimpin Ipda Arthenius.
Keberadaan pria yang beralamat di Jalan Mallengkeri nomor 17, Kelurahan Mangasa, Kecamatan Tamalate itu diketahui atas informasi dari warga. Ia ditangkap tanpa perlawanan, Jumat (10/11) sekitar pukul 03.00 Wita. Selanjutnya digelandang ke Mapolda Sulsel guna proses hukum lebih lanjut.
Rinaldi disebutkan kembali ke rumahnya karena rindu keluarganya. Tanpa menunggu waktu, timsus Polda Sulsel langsung bergerak ke kediaman orang tua Rinaldi.
Benar saja, di rumah itu tersangka tengah asyik menyeruput secangkir kopi sambil mengisap rokok. Petugas kemudian membuka pintu rumahnya. Rinaldi pun tak berkutik dan menyerah di tangan polisi yang menenteng senjata.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid HUmas) Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani yang dikonfirmasi, membenarkan penangkapan tersangka jambret tersebut. Rinaldi masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Gowa, dengan laporan polisinomor LPB/683/VIII/2017/SPKT tertanggal 2 Agustus 2017.
”Saat diperiksa, tersangka mengakui perbuatannya telah menjambret di wilayah hukum Polres Gowa. Itu terjadi bulan Agustus 2017. Saat itu tersangka bersama rekannya bernama Dion menjambret seorang wanita. Korban yang mengendarai motor terjatuh hingga mengakibatkan luka di sekujur tubuhnya. Warga yang melihat kejadian itu berhasil menangkap tersangka Dion. Dion ini tewas dihakimi massa. Sementara Rinaldi berhasil kabur,” terang Dicky.
Usai diinterogasi, tersangka kemudian dibawa untuk pengembangan kasus. Rinaldi diminta menunjuk lokasi menyembunyikan barang bukti hasil curiannya.
Setiba di lokasi, ketika turun dari mobil tersangka mencoba melarikan diri. Petugas memberi tembakan peringatan tiga kali. Namun Rinaldi mengabaikannya. Polisi bertindak tegas dengan menembak kedua kakinya. Setelah itu ia dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis.
Dari tangan tersangka, tambah Dicky, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit handphone, serta satu sepeda motor merek Yamaha Mio sporty warna hijau. Tersangka beserta barang buktinya kemudian diserahkan oleh timsus Polda Sulsel ke Mapolres Gowa untuk proses hukum selanjutnya. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top