Headline

BMKG: Waspadai Gempa Skala 5 SR

MAKASSAR, BKM — Masyarakat Sulsel, terutama yang bermukim di wilayah Kabupaten Luwu Timur dan Toraja Utara hendaknya waspada. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geosifika Wilayah IV Makassar mengingatkan adanya potensi bencana berupa gempa bumi di daerah tersebut. Potensi gempa dengan magnitudo di bawah 5 skala richter (SR).
“Ada kejadian gempa bumi di wilayah Sulsel. Daerah yang paling rawan yakni di wilayah Kabupaten Luwu Timur dan Toraja Utara. Guncangannya di bawah 5 SR,” ungkap Kepala BMKG IV Makassar A Fachri Radjab dalam keterangan pers di kantornya, Rabu (8/11).
Ia menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir terjadi gempa selama 60 kali dengan kekuatan di bawah 5 SR. Yang paling banyak dirasakan di Soroako.
”Ini dikarenakan adanya patahan di Danau Matano. Karena itu, warga diharap untuk selalu waspada,” ujarnya.
Bagaimana dengan hujan? Fachri menjelaskan, musim hujan akan mencapai puncaknya di bulan Januari hingga Februari 2018 di wilayah Sulsel bagian barat. Sementara di wilayah Sulsel bagian timur, seperti Soppeng, Bone, Wajo dan Toraja, awal musim hujan diprakirakan dimulai Maret 2018. Puncaknya terjadi di bulan Mei hingga Juni 2018.
Menurut A Fachri , curah hujan di tahun 2017/2018 di Sulsel pada umumnya normal. Namun, dalam skala harian, kondisi cuaca di wilayah ini sangat fluktuatif.
“Jadi di wilayah Sulsel bagian timur pada umumnya mundur dari rata-rata normalnya. Sedangkan di wilayah barat maju dari rata-rata normalnya,” jelasnya. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top