Metro

Hari Ini UMK 2018 Ditetapkan

MAKASSAR, BKM– Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Makassar kembali menjadwalkan untuk melakukan rapat penetapan Upah Minimum Kota (UMK) di Makassar tahun 2018 hari ini, Kamis (8/11).
Rencananya rapat penetapan yang dilakukan Disnaker Makassar bersama Dewan Pengupahan Kota Makassar, Apindo, dan perwakilan serikat pekerja yang berlangsung di kantor Disnaker Makassar Jalan AP Petta Rani.
Menurut Kepala Disnaker Makassar, A Irwan Bangsawan, lambatnya penetapan UMK di Makassar setelah rapat terus-terusan ditunda setelah adanya anggota dewan pengupahan absen atau tidak hadir dalam rapat hingga dinilai tidak memenuhui unsur dalam menetapkan UMK.
Irwan menjelaskan dalam aturan tata tertib penetapan UMK dilaksanakan dan ditetapkan setelah memenuhi semua unsur. Semua anggota dewan pengupahan sangat diharapkan hadir untuk memutuskan hasil yang baik dan maksimal serta dapat diterima semua pihak.
“Kemarin rapat kita tunda karena ada unsur belum lengkap dimana adanya anggota dewan pengupahan tidak hadir dalam rapat. Mereka maunya lewat telepon tetapi itu tidak bisa,” sebut Irwan kepada BKM, Rabu (8/11).
Absennya sejumlah anggota dewan pengupahan pada rapat penetapan kata Irwan, bukan berarti mereka tak mempedulikan nasib dan kesejahteraan kaum pekerja.
“Mereka tidak hadir karena ada urusannya. Kita pastikan rapat selanjutnya ini sudah ditetapkan dan diputuskan meskipun unsurnya belum lengkap. Kita ikut aturan tata tertib saja yang dimana menyebut rapat ditunda 2×24 jam ketika unsur belum lengkap. Kemudian rapat dilanjutkan dan menetapkan meskipun unsur belum lengkap. Jadi pasti besok (hari ini) sudah ditetapkan,” katanya.
Dia menambahkan belum bisa memperkirakan besaran kenaikan UMK 2018. Karena masih perlu dibahas bersama dalam rapat.
Sebelumnya, Wakil Ketua Federasi Serikat Pekerja KAHUTINDO, Saharuddin mengharapkan rapat penetapan UMK 2018 di Makassar mampu menjadikan teman-teman pekerja lebih sejahtera dan dapat memperbaiki kinerja para pekerja.
“Kita harap kenaikan UMK 2018 terasa dan membantu tingkatkan kesejahteraan para pekerja,” ujarnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top