Bisnis

2019, Wisman Ditargetkan ke Indonesia 20 Juta Orang

MAKASSAR, BKM — Sampai tahun 2019 mendatang, jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Indonesia ditargetkan mencapai 20 juta orang. Dan ini menjadi salah satu program utama pemerintahan Presiden-Wapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla.
Besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap kemajuan pariwisata di tanah air, kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisati Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Dadang Rizki Ratman, karena selama ini sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa nomor dua di luar minyak dan gas bumi.
”Untuk bisa merealisasikan target ini, tentunya dibutuhkan adanya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah bersama para stakeholder yang berkecimpung di sektor pariwisata,” kata Dadang mewakili Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dalam acara Forum Pariwisata dalam rangka peningkatan daya saing Indeks Pariwisata Indonesia bertema ‘Investasi Bisnis Pariwisata’ yang digelar Kemenpar di Hotel Santika Makassar, Selasa (7/11).
Selain Dadang Rizki Ratman, Forum Pariwisata ini juga menghadirkan sejumlah pembicara, masing-masing Zulkarnain Arief, Ketua Kadin Sulsel, Suriadi Mappangara, pengamat kebudayaan dan kepariwisataan Unhas, Anwar dari Bappeda Sulsel mewakili Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman, dan Haryanto, Kepala Unit Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.
Zulkarnain Arief pada kesempatan tersebut menyoroti lemahnya kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah dalam upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerahnya. ”Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Kabupaten Tana Toraja. Saya dibuat kaget dan bingung dengan kebijakan pemerintah daerah setempat. Bisa dibayangkan ketika selama ini masyarakat baik lokal, domestik, maupun mancanegara menganggap kalau Tana Toraja itu adalah salah satu destinasi wisata di Sulsel. Tapi justru Pemda tidak mengalokasikan anggaran dalam APBD nya untuk pengembangan kepariwisataan yang ada,” ujar Zulkarnain Arief. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top