Bisnis

BTN Telah Biayai 1,44 Juta Unit Rumah

JAKARTA, BKM — Hingga saat ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit senilai Rp155,9 triliun. Dana ini untuk membiayai 1,44 juta unit rumah.
Menurut Direktur Utama Bank BTN, Maryono di Jakarta pada akhir pekan lalu, sampai akhir tahun 2017 pihaknya menargetkan menyalurkan kredit konstruksi dan KPR untuk 666.000 unit rumah terdiri dari 504.122 unit untuk KPR subsidi dan 161.878 unit untuk konstruksi rumah non subsidi, serta penyaluran KPR non subsidi.
”Ini bagian dalam rangka mendukung program sejuta rumah,” kata Maryono.
Sampai akhir September 2017, kata Maryono, Bank BTN sudah merealisasikan KPR untuk sekitar 167.000 unit rumah. Dari jumlah itu, dan sekitar 130.000 unit di antaranya adalah KPR Subsidi.
Maryono mengatakan, untuk menyukseskan program Sejuta Rumah, diperlukan sinergi dari seluruh stakeholder, baik perbankan, pemerintah pusat, daerah dan pihak pengembang. Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR telah banyak memberikan dukungan, di antaranya alokasi anggaran KPR subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Kemudahan perizinan bagi pengembang untuk mendirikan rumah bagi MBR lewat paket kebijakan ekonomi XIII dan pelonggaran loan to value atau rasio kredit terhadap agunan untuk KPR. Program sejuta rumah dapat lebih sukses dengan dukungan dari Pemda untuk menyediakan lahan misalnya membuat land bank atau bank tanah dan berkoordinasi dalam hal pendataan masyarakat yang perlu mendapat dukungan subsidi. (int)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top