Headline

Panglima TNI dan Tiga Menteri di HUT Sulsel

MAKASSAR, BKM — Kemeriahan dalam rangka memperingati HUT ke-348 Sulsel terus berlangsung. Minggu (15/10), digelar jalan santai dengan hadiah cukup fantastis, yakni tiga unit rumah dan 48 motor.
Peserta dilepas di Jalan Jenderal Sudirman, depan rumah jabatan gubernur. Rutenya, dari Jalan Jenderal Sudirman, Haji Bau, Arief Rate, Sultan Hasanuddin, Ahmad Yani dan kembali ke Jalan Jenderal Sudirman.
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melepas peserta jalan santai secara bersama-sama sekitar pukul 07.00 wita.
“Satu juta kupon yang disiapkan panitia ludes terbagi. Estimasi peserta yang ikut, yah sebanyak kupon yang dibagi. Tapi kita saksikan bersama betapa banyaknya peserta yang ikut,” kata Ketua Pantia Penyelenggara Andi Bakti Haruni, Minggu (15/10) di rumah jabatan gubernur.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sangat mengapresiasi kehadiran dan partisipasi warga yang ikut memeriahkan Hari Jadi Sulsel. “HUT Sulsel harus kita rayakan bersama, karena Sulsel milik kita semua,” kata Syahrul.
Gubernur yang telah masuk masa jabatan di tahun ke sepuluh ini menekankan di Sulsel harus tercipta masyarakan damai, tenteram, teratur dan sehat.
“Saya bersama Pak Agus di tahun ke sepuluh ini selalu menjaga kesehatan dan kedamaian warga. Mari jaga Indonesia dari Sulsel. Ridha Allah bersama kita, Sulsel Gemilang,” ujar SYL mengutip tema HUT Sulsel kali ini.
Peserta jalan santai yang dilepas mengular sepanjang jalan. Sempat tersendat sekitar 20 menit. Bahkan dari gedung IMMIM hingga ke perempatan Jalan Sudirman-Sungai Saddang-Jalan Ratulangi harus ditempuh sekitar setengah jam.
Panitia menyiapkan enam pos kesehatan di sepanjang rute yang dilalui. Untuk menjaga hal tidak diinginkan, aparat keamanan dari unsur kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP siaga sepanjang kegiatan berlangsung.
Ada banyak peserta pingsan. Sembilan diantaranya dirawat di sekitar panggung. Yang lainnya tersebar di rumah sakit sekitar lokasi acara. SYL sempat mengunjungi peserta yang dirawat di bawah panggung.
Bersama Forkopimda, SYL didampingi Wagub melakukan penarikan nomor kupon dengan cara eletronik. Tidak ada nomor undian yang dibatalkan pada HUT Sulsel ini.
Adapun tiga nomor undian peserta yang mendapatkan hadiah utama masing-masing satu rumah, yaitu nomor kupon 278473, 371344 dan 421120.
Artis ibu kota Firza hadir menghibur warga dan sempat bernyanyi bersama gubernur.
Puncak perayaan Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan (HUT Sulsel) ke 348 tahun akan digelar, Kamis 19 Oktober. Akan ada upacara peringatan HUT, kemudian dilanjutkan malam ramah tamah.
Upacara sendiri akan dilakukan di kawasan Centerpoint of Indonesia, Kamis pagi. Selain Forkopimda Sulsel, tamu penting lainnya yang dijadwalkan hadir adalah beberapa menteri dari kabinet kerja Presiden Joko Widodo.
Ketua Panitia HUT Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan sejauh ini sudah ada tiga menteri yang menyatakan kesiapannya hadir. Diantaranya Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menurut None, panggilan akrab Irman YL, kedatangan menteri-menteri ini selain juga dirangkaikan beberapa agenda kementerian. Seperti Menteri PU-PR akan melakukan groundbreaking jalan layang tol dalam kota.
“Menteri ESDM akan melakukan peluncuran mobil listrik. Kalau Menteri Perhubungan masih tentatif, apakah akan menjemput gerbong kereta api, apakah di sini (Pelabuhan Soekarno-Hatta) atau di Barru (Pelabuhan Garongkong),” katanya.
Khusus Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo hanya akan hadir di malam ramah tamah di Stadion Barombong, Kamis malam.
Selain Panglima TNI dan menteri, HUT Sulsel kali ini juga akan dihadiri beberapa gubernur dari provinsi lainnya. Mulai dari Gubernur Jabar, Jatim, Riau, Maluku, NTT dan beberapa lagi masih dalam konfirmasi.
Berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia untuk puncak HUT Sulsel. Seperti lapangan upacara di COI, pihak pengembang kawasan seluas 157 hektare telah menyiapkan lapangan di sebelah timur Wisma Negara.
Sementara untuk malam ramah tamah, panitia telah menyebar undangan sekitar 5000. Ada beberapa penampilan di malam tersebut.
Selain band ibukota Armada, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo juga akan tampil menyanyi di atas panggung berjalan. Panggung ini sendiri merupakan hasil karya dari anak-anak SMK.
Tak sampai di situ, 1000 lebih pelajar juga akan menampilkan tarian kolosal di tengah lapangan. Hal menarik lainnya adalah air mancur menari yang saat ini dikerjakan panitia di sisi sebelah barat stadion.
“Kita berharap ini persembahan terakhir bagi Pak Gubernur. Karena ini merupakan HUT terakhir beliau sebagai gubernur. Intinya, akan datang saja dan saksikan kemeriahannya,” imbuh None. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top