Berita Kota Makassar | Seleksi Panwas Kecamatan Libatkan Ombudsman
Sulselbar

Seleksi Panwas Kecamatan Libatkan Ombudsman

MAMUJU, BKM — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamuju kini mulai melakukan seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) lingkup Kabupaten Mamuju. Selama proses atau tahapan seleksi ini diawasi dan dipantau langsung Ombudsman RI Sulbar.
Pelibatan Ombudsman ini sebagai upaya mendorong transparansi selama dalam tahapan seleksi. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar, mengatakan, ini bagian dari upaya membangun sinergi dalam rangka kerjasama dibidang pengawasan, sebagai mana peran fungsi Ombudsman adalah mengawasi proses administrasi di setiap unit pelayanan publik.
Termasuk proses seleksi Panwascam yang dilaksanakan pihak Panwaslu Kabupaten Mamuju. ”Secara kelembagaan kami mengapresiasi upaya kawan-kawan dari Panwaslu Mamuju yang berupaya mendorong transparansi selama dalam proses seleksi Panwascam dengan melibatkan berbagai pihak. Salah satunya kami dari Ombudsman RI. Kita berharap melalui seleksi ini akan lahir SDM profesional dan berkompeten,” ungkap Lukman Umar di kantornya, Rabu (11/10).
Tahapan Tes tertulis calon anggota Panwas kecamatan lingkup Kabupaten Mamuju yang dilaksanakan di Mamuju, diikuti sebanyak 141 orang peserta. Namun 10 orang di antaranya tidak hadir hingga tes selesai, sehingga dinyatakan gugur.
Melalui momen ini, jajaran Ombudsman RI Sulbar menerjunkan tim untuk melakukan pengawasan dan pemantauan. Selain pemantauan tes tertulis calon anggota Panwas kecamatan di Mamuju, tim Ombudsman juga melakukan pemantauan di kabupaten lain.
Secara kelembagaan, Ombudsman RI Sulbar meminta komitmen dari Bawaslu RI Sulbar dan Panwas di setiap kabupaten, khususnya Kabupaten Mamuju untuk melakukan tindak lanjut jika dalam proses pemantauan Ombudsman RI Sulbar, menemukan indikasi pelanggaran yang menyalahi ketentuan yang berlaku. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top