Metro

Saham Pemkot di GMTD Tinggal Enam Persen

SELAIN menyoroti turunnya usulan anggaran di SKPD, anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar juga mempertanyakan penyertaan Modal Pemerintah Kota Makassar ke PT Gowa Makassar Tourism Devoltment (GMTD) yang semakin menurun.
Seperti yang dilaporkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Erwin Syafruddin Haiyya, jika saat ini laba atas penyertaan modal yang disetorkan GMTD atas saham yang dimiliki pemkot turut mempengaruhi setoran di deviden.
“Saat ini saham pemkot di GMTD itu hanya enam persen, Pemprov 12 persen. Minoritas saham untuk pemerintah itu hanya 40 persen, sisanya untuk developer,” ungkapnya di gedung DPRD Makassar, Kamis (12/10).
Bahkan jelas Erwin, laba yang disetorkan GMTD tahun ini hanya Rp165 miliar dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp279 miliar, atau terjadi penurunan Rp114 miliar.
Atas dasar tersebut, anggota Banggar DPRD Makassar, Hasanuddin Leo menyoroti kalau setiap tahun setoran yang di berikan GMTD untuk pemkot semakin menurun.
“Ekspansi pengembang saat ini cukup tinggi. Tapi kenapa saham pemkot tinggal enam persen,” ucapnya.
Ia juga mempertanyakan jika penurunan karena kerbatasan ketersediaan lahan, sehingga ekspansi pengembang juga turun yang tentu mempengaruhi pembagian deviden di setiap pemilik saham.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top