Berita Kota Makassar | Pembuatan Panggung Jadi Ajang Praktik Siswa SMK
Headline

Pembuatan Panggung Jadi Ajang Praktik Siswa SMK

BKM/RAHMAWATI AMRI KERJAKAN PANGGUNG-Siswa SMK didampingi gurunya melakukan pengerjaan panggung untuk acara ramah tamah HUT Sulsel ke-348 di Stadion Barombong, Kamis (12/10).

STADION Barombong yang belum sepenuhnya rampung, akan dijadikan lokasi malam ramah tamah peringatan HUT ke-348 Provinsi Sulsel. Berbagai persiapan dilakukan di lokasi acara sejak 10 hari lalu.

Laporan: Rahmawati Amri

PERAYAAN Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan tahun ini akan menjadi yang terakhir bagi Syahrul Yasin Limpo dalam kedudukannya sebagai gubernur. Karena itu, dipastikan perayaan
dikemas secara sempurna, menarik, dan yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Berbagai lapisan masyarakat pun dilibatkan secara langsung untuk menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan yang mewarnai HUT. Termasuk siswa siswi dari berbagai sekolah, baik SMA maupun SMK di Makassar dan Gowa. Ratusan pelajar ini akan mempersembahkan tarian kolosal pada puncak HUT Sulsel nantinya.
Bukan itu saja, puluhan siswa SMK dari berbagai sekolah di Makassar dan Gowa secara khusus dilibatkan untuk merakit panggung yang akan digunakan malam ramah tamah di Stadion Barombong, Kamis malam (19/10).
Ada dua panggung yang disiapkan, yaitu panggung berjalan dan panggung utama tepat di tengah lapangan.
Salah seorang siswa SMKN 5 Makassar, Rivaldo mengakui bangga bisa terlibat dalam persiapan HUT Sulsel. Sebab, dirinya bisa mempraktikkan pelajaran yang diterima di sekolah untuk ditampilkan di hadapan Gubernur Sulsel.
“Senang bisa ikut terlibat dalam pembuatan panggung ini. Kami bisa praktik langsung di sini,” kata siswa jurusan teknik pengelasan ini saat ditemui di Stadion Barombong, Kamis (12/10).
Guru Teknik Pengelasan SMKN 5 Makassar Makmur yang mendampingi pembuatan panggung, menjelaskan proses pengerjaan hanya dilakukan selama 10 hari. Pihaknya memastikan dua panggung sudah selesai kemarin, Kamis (12/10).
Untuk pengerjaan, sembilan sekolah dilibatkan dengan koordinator SMKN 5 Makassar. Setiap hari ada 30 orang lebih siswa kelas tiga dari jurusan teknik pengelasan dan kontruksi bangunan yang bekerja.
“Desain panggung dibuat langsung oleh siswa, yang sebelumnya dipersentasekan di depan Pak Kadis (Dinas Pendidikan). Mulai panggung berjalan dan panggung utama,” jelasnya.
Pengerjaan panggung dilakukan sejak siswa pulang sekolah sampai malam hari. Sempat ada beberapa kendala, seperti tenaga listrik yang tak mencukupi di awal pengerjaan.
“Satu kebanggaan bagi kami untuk membimbing anak-anak untuk menyelesaikan tugas panggung. Tentu mereka yang terlibat dapat poin khusus, nilai praktiknya kita ambil,” ungkapnya.
Selain panggung, saat ini juga dikerjakan kolam penampungan sementara untuk air mancur menari yang akan ditampilkan di malam ramah tamah. Kolam ini dibuat di pesisir tribun barat.
Penanggung jawab proyek Stadion Barombong Muhlis Mallajareng, menegaskan pihaknya siap memfasilitasi perayaan malam ramah tamah HUT Sulsel. Beberapa persiapan telah dilaksanakan.
Mulai dari tempat parkir untuk 2.000 kendaraan. Lokasinya berada di sekitar stadion, kampus BPIP Barombong dan lahan GMTD.
“Kita juga sudah siapkan toilet, lampu sorot mulai dari jalan masuk sampai di stadion. Khusus tribun timur yang akan jadi tempat VVIP sudah kita cat. Intinya, antara persiapan HUT dan pengerjaan proyek masing-masing berjalan,” tandasnya.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menjelaskan alasan kenapa pihaknya melibatkan siswa (SMK dan SMA) dalam kegiatan ini. Yaitu, agar apa yang mereka pelajari di bangku sekolah bisa langsung dipraktikkan dan nantinya tidak gagap lagi di dunia kerja karena sudah sering melakukannya di luar.
“Ini juga tentunya prestise tersendiri bahwa karya mereka akan dilihat dan diapresiasi oleh puluhan ribu orang,” pungkasnya. (*/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top