Berita Kota Makassar | Oktober, Pemasangan Balok di Jembatan Tello
Metro

Oktober, Pemasangan Balok di Jembatan Tello

MAKASSAR, BKM — Pelebaran Jembatan Sungai Tello terus dipacu. Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) III Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Metro Makassar, Malik, progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen.
Pekerjaan konstruksi sudah rampung untuk bagian tersulit, yakni yang berada di bawah air. Sehingga pelaksana proyek sudah merasa agak lega.
Saat ini, pekerjaan rencananya akan memasuki pemasangan balok girder dan pengecoran lantai.
Namun, untuk melakukan kegiatan itu, kata Malik, kontraktor pelaksana masih menunggu kesiapan Wijaya Karya (WIKA) memasok balok girder karena yang bersangkutan memang dipercaya untuk menyediakan.
“Untuk balok girder, dipercayakan ke WIKA menyiapkan serta memasangnya. Tadi malam (Rabu malam) sudah tiba besi profilnya, ” ungkap Malik kepada BKM, Kamis (12/10).
Dia melanjutkan, jika tidak terlihat aktifitas berarti saat ini di lokasi proyek, itu karena pihaknya dan kontraktor pelaksana menunggu balok girder dipasok ke lokasi kegiatan oleh WIKA.
Diharapkan Oktober ini, pemasangan seluruh balok girder bisa rampung. Setelah itu, akan dilakukan pengecoran lantai yang berdasarkan schedule akan dilaksanakan November mendatang.
Menurut rencana, pelebaran jembatan Tello ini bisa rampung secara keseluruhan dan diresmikan pada Desember mendatang.
Sebenarnya, proyek ini akan diresmikan di HUT ke-348 Sulsel. Namun sayang, rencana itu batal dilaksanakan karena sejumlah kendala dihadapi.
Sebelumnya, saat musim hujan, pelaksana kegiatan cukup kesulitan melaksanakan pekerjaan pemasangan pur.
Pengerjaan proyek yang satu ini termasuk cukup lama dan rumit dilaksanakan. Bahkan, kontraktor sebelumnya yang mengerjakan proyek ini gagal melaksanakan merampungkan kegiatan. Akibatnya proyek ini ditender ulang oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional XIII. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top