Berita Kota Makassar | DLH Pangkep Usul Anggaran TPA Baru Rp14,5 M
Sulselbar

DLH Pangkep Usul Anggaran TPA Baru Rp14,5 M

PANGKEP, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Dinas Lingkungan Hidup( DLH) sudah menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Taraweang, Kecamatan Labakkang sekitar 8 hektare. Bahkan, saat ini sudah diusulkan anggaran ke Kementerian Lingkungan Hidup sebanyak Rp14,5 miliar.
”Anggaran sebesar Rp14,5 miliar itu untuk membangun berbagai fasilitas kelengkapan di TPA baru,” aku Kadis Lingkungan Hidup Pangkep, Agussalim Gassing, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/10).
Lahan untuk TPA di Desa Taraweang sudah dibebaskan dan memiliki sertifikat. Dari usulan anggaran yang diajukan, dari hasil rekapitulasi rencana anggaran terdiri dari sembilan uraian, yakni pekerjaan pendahuluan, zona landfill, instalasi pengolahan Lindi ( IPL), sumur pantau, jalan operasional dan ramp, drainase, jembatan timbang, kesehatan dan keselamatan kerja serta pekerjaan akhir.
”Uraian pekerjaan inilah yang kita usulkan ke pusat dengan besaran nilai anggaran sampai Rp14,5 miliar,” kata Agus.
Jarak TPA dari Kota Pangkajene sekitar 17 kilometer. Selain sebagai terminal akhir dari pembuangan sampah. TPA di Taraweang ini juga akan melakukan proses pengolahan limbah menjadi gas dan produksinya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. (udi/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top