Metro

Dinsos Sulsel Salurkan Bantuan Tunai Rp3,7 M

MAKASSAR, BKM– Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyalurkan bantuan tunai kepada penerima manfaat di 24 kabupatan/kota di Sulsel. Bantuan tunai sebesar Rp3,73 miliar.
“Bagi penerima manfaat silahkan ke bank untuk mengambil, ” kata Ilham Andi Gazaling, Kepala Dinsos Sulsel, usai diberikan secara simbolis di Hotel Dinasti, Jalan Lombok, Makassar, Rabu (11/10) yang dibuka oleh Asisten II Pemprov Sulsel, Muhammad Firda yang mewakili Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.
Ilham yang akrab disapa Ille, yang menerima manfaat bantuan yakni anak-anak dan lanjut usia (lansia). Di mana, ada 1.200 anak dan lansia 1.648 orang penerima manfaat program G-1000 Kebaikan Anak dan Lansia ini.
Anggaran terbagi Rp1,23 miliar untuk anak-anak dan lansia Rp2,5 miliar. Bantuan ini berasal dari sharing APBN dan APBD Sulsel.
“Anak penerima manfaat mendapat bantuan Rp1 juta per anak dalam setahun. Sedangkan lansia diberikan Rp200 ribu setiap orang per bulan.Khusus lansia ditransferkan per triwulan atau tiga bulan sekali,” terang Ilham.
Lanjut Ilham, program G-1000 ini untuk tahun yang kedua. Penyaluran bantuannya berbeda dengan tahun lalu. Pada 2016, bantuan disalurkan melalui PT Pos. Dan tahun ini disalurkan melalui transfer rekening. Setiap penerima manfaat memiliki rekening sendiri, BNI.
Ditambahkan pula Asisten II Pemprov Sulsel Andi Sukri Mattinetta yang mewakili Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, indikator penerima manfaat, meliputi balita terlantar, anak terlantar, anak penyandang disabilitas, anak yang berhadapan kasus hukum dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus, seperti korban bencana.
Untuk lansia, harua berusia 60 tahun ke atas, miskin terlantar dan tidak bisa berdaya atau mandiri. Penyaluran bantuan secara simbolis ini
“Program G-1000 merupakan sebuah gagasan untuk mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Anak merupakan masa depan dan merupakan bibit yang akan melanjutkan apa yang kita semai. Bila kita mampu menyemai bibit dengan baik, baik pula hasilnya,” katanya.
“Bagi lansia, pelayanan yang kita berikan bukan semata memberikan bantuan, namun lebih dalam esensinya. Ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada orang tua kita,” katanya. (ucu)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top