Metro

Dinas Priwisata Sukses Gelar Forum Komunikasi Ekonomi Kreatif

MAKASSAR, BKM — Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan sukses menggelar Forum Komunikasi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya dan Media, Desain dan IPTEK Tahun 2017. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digagas oleh Bidang Sekretariat.
Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan prioritas utama di Disbudpar Sulsel.
Forum Komunikasi telah menyelaraskan aspek-aspek global serta teknologi masa kini dengan tidak mengeyampingkan budaya lokal yakni Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya dan Media, Desain dan IPTEK. Forum Komunikasi Ekonomi Kreatif ini mengambil tema “Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Budaya Lokal Sulawesi Selatan”. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama dua hari di Hotel Singgasana Makassar, Jalan Kajoalalido, baru-baru ini.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, jelas Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Hj Andi Pancawati, untuk mengumpulkan forum Komunikasi atau unsur-unsur terkait sebagai peserta kegiatan yang menyangkut Dinas Pariwisata Kab/Kota Se Sulawesi Selatan. Bahkan lebih spesifik ke bidang ekonomi kreatifnya termasuk para pelaku usaha bidang industri kreatif dari kab/kota di Sulsel.
Tidak hanya dari lingkup pariwisata saja, ujar Andi pancawati, namun juga mengundang pihak terkait sebagai peserta kegiatan seperti Dinas Perdagangan Sulsel, Kepala Biro Perekonomian Setda Sulsel, Politeknik Pariwisata Makassar, DPD ASITA, DPD HPI, DPD PHRI, Asosiasi Kreatif Sulsel, dan beberapa pihak terkait lainnya.
“Kita kumpulkan semua yang punya hubungan dengan pariwisata, kita libatkan dimana didalamnya kami butuhkan bagaimana memajukan pariwisata di Sulsel. Narasumber dari kegiatan ini yakni akademisi, Kepala Dinas Koperasi Sulsel, Dinas Perindustrian Sulsel, Pemerhati Industri dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Selatan,” jelas Andi Pancawati.
Turut hadir dalam acara Forum Komunikasi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya dan Media, Desain dan IPTEK, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan, HA Musaffar Syah sekaligus pembuka acara tersebut, juga menjelaskan tujuan dari acara tersebut.
HA Musaffar mengatakan, melalui Forum Komunikasi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya dan Media, Desain dan Iptek ini diharapkan dapat menyamakan persepsi/sinergitas diantara stakeholders untuk mendukung fungsi dari masing-masing stakeholders dalam melakukan dan mensukseskan pengembangan ekonomi kreatif berbasis seni budaya dan media, desain dan iptek di sulawesi selatan.(jun/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top