Berita Kota Makassar | Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Mulai Evaluasi Gowa
Gojentakmapan

Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Mulai Evaluasi Gowa

BKM/SAR VERIFIKASI -- Ketua tim verifikasi kabupaten sehat nasional, Trisno Subarkah saat berada di Kabupaten Gowa dan diterima Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni serta Ketua Forum Kabupaten Sehat Gowa, Priska Paramita Adnan.

GOWA, BKM — Tim verifikasi kabupaten sehat nasional yang dipimpin langsung Trisno Subarkah, tiba di Kabupaten Gowa, Selasa pagi (10/9). Kunjungan tim verifikasi kabupaten sehat dari pusat yang didampingi empat anggota tim itu mulai melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap kerja-kerja forum kabupaten sehat Kabupaten Gowa.
Saat tiba di Baruga Karaeng Pattingaloang, tim disambut hangat bupati Gowa diwakili Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni didampingi Ketua TP PKK Gowa sekaligus Ketua Forum Kabupaten Sehat Gowa, Priska Paramita serta para asisten serta pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.
Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni memyampaikan apresiasi penyambutannya kepada rombongan tim verifikasi. Rauf mengatakan program kabupaten sehat ini adalah sebuah program yang mengharapkan kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Dikatakan Rauf, gerakan kabupaten sehat di Gowa telah dilaksanakan sejak 2015 yang berorientasi pada tiga tatanan, yakni tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat serta tatanan kawasan pariwisata sehat.
”Partisipasi Kabupaten Gowa dalam penyelenggaraan kabupaten sehat ini telah membuahkan hasil Swasti Saba Padapa dari pemerintah pusat pada tahun 2015 lalu. Tahun 2017 ini, kami berharap Gowa dapat memenuhi kualifikasi sebagai kabupaten sehat untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari pemerintah pusat,” kata Rauf.
Sebelum melanjutkan peninjauan lapangan ke Kecamatan Tinggimoncong dan Somba Opu, Trisno menjelaskan, tim pembina pusat ini akan bekerja maksimal untuk merampungkan verifikasi serta evaluasi.
”Jangan takut kami tanya-tanya. Yang jelas dokumen-dokumennya lengkap. Jika itu lengkap maka tidak ada masalah dalam verifikasi lapangan. Kami informasikan bahwa dari 173 kabupaten dan kota dari 26 provinsi yang mengirimkan dokumennya ke pusat untuk menjalani verifikasi, yang masuk gelombang pertama diverifikasi sebanyak 78 kabupaten dan kota. Untuk gelombang kedua sebanyak 70 kabupaten dan kota, termasuk Gowa di dalamnya. Namun dari semua ini, ada sekitar 25 kabupaten dan kota sedang masuk pembinaan provinsi. Artinya, belum bisa diverifikasi menuju Wiwerda. (sar/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top