Gojentakmapan

PHRI Target Tingkat Hunian Naik 10 Persen

MAKASSAR, BKM — Tingkat hunian hotel dalam beberapa bulan terakhir masih stabil. Tak ada peningkatan maupun penurunan. Namun jika dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, beberapa hotel mengalami penurunan jumlah tingkat hunian.
Ketua PHRI Makassar, Kwandy Salim mengatakan, pada Oktober ini tingkat hunian cenderung stabil. Hal ini karena pada Oktober adalah bulan peralihan untuk akhir tahun nanti. ”Oktober ini kan masih dalam peralihan akhir tahun. Jadi masih stabil. Mungkin baru akan ada perubahan pada November,” kata Kwandy.
PHRI juga menargetkan, pada HUT Sulsel pada 19 Oktober 2017 mendatang, pihaknya menargetkan ada kenaikan tingkat hunian sebesar 10 sampai 20 persen. Selain itu, pada kegiatan Makassar Grade Sale di November nanti, diharapkan terjadi peningkatan sebesar 40 persen.
”Makassar Grade Sale itu hasil kerjasama antara Badan Promosi Makassar dan PHRI. Kami berharap ada kenaikan tingkat hunian yang signifikan di situ,” tambah Kwandy.
Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tingkat hunian hotel di Makassar terjadi penurunan. Salah satunya terjadi karena ketimpangan antara pertumbuhan jumlah kamar hotel dengan jumlah pengunjung.
GM Hotel Grand Palace, Halido mengatakan, dibanding bulan yang sama tahun lalu, tingkat hunian mengalami penurunan. Penyebabnya, karena semakin banyak hotel yang dibuka sehingga kegiatan atau even terbagi.
Hal senada disampaikan GM Hotel Santika, Yuli. Dikatakan, tingkat hunian di Hotel Santika terjadi penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan jumlah kamar yang tidak sebanding dengan pertumbuhan pengunjung yang menginap. Selain itu, tamu corporate yang mengadakan meeting di sini semakin berkurang.
Begitu pula dengan GM Hotel Amaris Pettarani, Totok Budiyanto. Dikatakan, hotelnya saat ini mengalami penurunan jumlah pengunjung jika dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tingkat hunian hotel sebenarnya secara town occupancy ada kenaikan. Tapi karena semakin banyak hotel baru, secara unit hotel pasti ada penurunan karena terbagi.
Dengan banyaknya even di Makassar, kata Totok, sangat membantu menaikkan tingkat hunian hotel. Seperti even F8, Pimnas UMI, maupun kegatan lainnya. ”Saat ini Makassar kerap menjadi tempat transit bagi orang-orang yang ingin ke Apparallang, Bira, maupun Bantimurung. Sehingga hal tersebut sangat memengaruhi tingkat hunian hotel,” tambah Totok. (nug/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top