Metro

Kondisi Bangunan Memprihatinkan

KONDISI bangunan di Terminal Malengkeri terlihat cukup memprihatinkan. Semua bangunan yang ada di terminal tersebut membahayakan bagi para penumpang yang singgah.
Dari pantauan BKM, ada empat bangunan di sisi sebelah barat yang memanjang dari arah barat ke timur. Sedangkan satu bangunan lagi ada di sisi sebelah timur, yang memanjang dari utara ke selatan. Semua bangunan masih digunakan, walaupun di beberapa sudutnya terlihat seakan ingin roboh.
Satu bangunan yang ada di sisi timur terlihat lebih baik dari yang lainnya. Di bangunan ini tampak beberapa bagian atapnya telah berganti. Walaupun bagian plafon telah banyak yang rusak dan bisa saja sewaktu-waktu ambruk.
Bangunan terparah adalah empat bangunan yang berada di sisi sebelah barat. Terlihat plafonnya banyak yang berlubang dan tampak tidak terurus. Lampu di setiap bangunan juga tidak ada. Hanya ada satu atau dua lampu yang dipasang oleh beberap pedagang guna menerangi dagangannya saat gelap.
Selain bagian plafon, beberapa sudut atap bangunan terancam roboh. Kondisi itu sangat berbahaya, mengingat di sisi bagian tersebut adalah tempat bongkar muat penumpang yang memungkinkan beberapa orang berlalu lalang di sana.
Salah seorang pengemudi angkutan umum arah Sinjai, Fikar mengatakan, bangunan yang ada di Terminal Malengkeri tidak ada bedanya dengan saat pertama kali ia menginjakkan kaki di terminal tersebut tahun 2008 lalu. Kondisi terminal hingga sekarang tidak pernah tersentuh renovasi. “Kayaknya tidak pernah memang ada renovasi, kah begini-begini terus ji dari dulu,” kata Fikar.
Hal yang sama diungkapkan pengemudi taksi, Baharuddin. Baharuddin mengatakan, andaikan saja bangunan yang ada di terminal ini adalah bangunan masa kini, bisa saja ambruk. “Untung bangunan tua mi ini, cobanya ini model-model bangunan sekarang, pasti hancur mi. Kita juga heran kenapa na tidak ada renovasi di sini, padahal tiap hari bayar ki pajak,” ucap Baharuddin.
Baharuddin pun mengaku, sehari sebelumnya ia melihat insiden jatuhnya plafon yang ada di salah satu bangunan, dan sempat sebuah mobil terkena runtuhannya. “Kemarin saya lihat jatuh ki plafon kah, ada mobil disitu sempat na jatuhi juga,” kata Baharuddin sambil menunjuk bangunan sisi barat yang terletak paling selatan.
Salah satu penjual makanan, Dg Riolo juga mengatakan, jika kerusakan bangunan di Terminal Malengkeri sudah sangat lama. “Sudah lama mi ini, liat mi sedikit juga penjual disini. Mungkin juga karena jarang mi ada mobil masuk ke terminal makanya dibiarkan begini ji,” kata Dg Riolo menunjuk tempatnya yang berada di bangunan sisi barat.(nug/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top