Headline

Penampilan Perdana NA-SS di Kampung NH

BONE, BKM — Pasangan bakal calon gubernur Sulsel Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (NA-SS) tampil perdana, Senin (9/10). Daerah yang dipilih adalah Kabupaten Bone. Mereka meresmikan posko pemenangan di Jalan Makassar, Watampone.
Cawagub Sudirman Sulaiman yang tak lain adik Menteri Pertanian Amran Sulaiman lahir di daerah ini. Bone juga menjadi kampung kelahiran bakal calon gubernur Nurdin Halid.
Ribuan warga yang berasal dari berbagai kecamatan hadir dalam peresmian posko tersebut. Mereka larut mendengarkan sambutan dan orasi yang disampaikan NA maupun SS.
SS mengatakan, keputusan untuk menjadi calon wakil gubernur karena dirinya ingin mengabdi bersama Bupati Bantaeng dua periode Prof HM Nurdin Abdullah. “Saya kerja di perusahaan asing yang menjamin semua kebutuhan saya dan keluarga. Sudah nyaman,” katanya.
Kerja di perusahaan, menurut dia, hanya memberi manfaat kepada pribadi dan keluarga. “Saya sebenarnya tidak mau. Tetapi ini panggilan nurani untuk memberi manfaat kepada banyak orang, dan saya akan mengabdi bersama Pak Prof untuk majukan Sulsel,” jelasnya.
SS juga berjanji akan mundur jika tidak memperlihatkan hasil kerja setelah dua tahun menjadi wakil gubernur. “Kalau diibaratkan dalam bermain bola, saya dan Pak Prof satu tim bersama aparat lain di pemprov. Kalau Pak Prof sudah oper bola dan saya tidak mampu menendang masuk ke gawang, saya gagal. Saya akan keluar lapangan tanpa ditarik keluar oleh pelatih,” katanya disambut tepuk tangan riuh warga yang hadir.
Sementara itu, NA menjelaskan bahwa sukses membangun Bantaeng adalah bukti nyata hasil kerja yang nyata selama 10 tahun memimpin Bantaeng. NA yakin, tandem dengan SS yang menjadi representasi anak muda, pembangunan Sulsel akan bergerak cepat ke arah kemajuan.
Menurutnya, keputusan untuk menjadi calon gubernur karena permintaan masyarakat Sulsel. “Relawan sebagai representasi sebagian besar masyarakat Sulsel meminta saya untuk menjadi gubernur. Mereka melihat hasil kerja saya dan tim di Bantaeng. Mereka minta apa yang dilakukan di Bantaeng disebarluaskan ke seluruh Sulsel,” jelasnya.
Usai peresmian posko dan pengukuhan tim, rombongan menghadiri udangan di Desa Gaua, Kecamatan Libureng dan di Desa Tungke, Kecamatan Bengo.

Tanggapan Jubir NH-Aziz

Penampilan perdana NA-SS di Bone mendapat tanggapan dari juru bicara NH-Aziz Muhammad Natsir. Ia sangat yakin dan percaya kecerdasan masyarakat Bone dalam menentukan pilihannya di pilgub Sulsel 2018 mendatang.
Pengusaha muda ini menilai, kecerdasan masyarakat Bone tidak akan terpengaruh oleh hadirnya lebih dari satu calon asal Bone. “Kalau ada dua orang Bone yang maju di pilgub, itu akan jadi ujian kecerdasan masyarakat Bone dalam menentukan pilihan. Kecerdasan itu tidak akan terganggu,” terang pria yang akrab disapa Cacci ini.
Dinamika politik Sulsel memang berubah. Terkhusus soal keterwakilan orang Bone. Setelah NH memutuskan untuk maju sebagai calon gubernur, kini SS yang juga putra Bone maju sebagai calon wakil dari NA.
Sebelumnya, Survei Indonesia Development Monitoring (IMD) merilis hasil survei jejak pendapat masyarakat jelang Pilgub Sulsel 2018 mendatang.
NH yang juga ketua harian DPP Golkar disebut menjadi kandidat paling dipercaya pada survei yang dimulai sejak 17 September hingga 29 September 2017 dengan jumlah 1.421 responden itu. Masyarakat umumnya menilai, NH dapat membenahi sejumlah masalah di Sulsel saat ini.
Pada sisi penerimaan publik terhadap para tokoh untuk memimpin Sulsel, NH diterima 74,6 persen responden. Unggul jauh jika dibandingkan dengan sosok lainnya seperti NA 70,1 persen, Ichsan Yasin Limpo 69,7 persen dan Agus Arifin Nu’mang 69,6 persen.

Agus Tetap Optimistis

Jika NA-SS di Bone, maka bakal calon gubernur Agus Arifin Nu’mang terbang ke Jakarta. Agus dikabarkan akan bertemu elit Partai Demokrat dan Gerindra di Jakarta. “Pak Agus baru saja tinggalkan Makassar menuju Jakarta. Kemungkinan bapak (Agus) akan ke DPP Partai Gerindra dan Demokrat,” ujar sumber yang minta namanya tidak ditulis, kemarin.
Sebelum meninggalkan Makassar, Agus yang juga Wakil Gubernur dua periode ini mengaku tetap optimis mendapat dukungan dari Gerindra. Dirinya tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang saat ini jika Gerindra tidak mengusungnya saat ini.
Agus masih optimistis sesuai komitmen Prabowo yang akan mengusung kadernya. “Saya tetap optimis sesuai komitmen Pak Prabowo yang akan mengusung kader,” jelas Agus. (rhm-rif)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top