Berita Kota Makassar | JPU Rampungkan Berkas Ribuan Obat Daftar G
Kriminal

JPU Rampungkan Berkas Ribuan Obat Daftar G

AKASSAR, BKM — Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar kini tengah merampungkan berkas dakwaan tersangka kasus dugaan kepemilikan ribuan butir obat daftar G, Alexander Sirua alias Alex.
JPU telah menerima pelimpahan tahap dua tersangka beserta barang bukti ribuan butir obat daftar G yang dikemas dalam 11 dos dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulsel, beberapa waktu lalu.
Jenis obat daftar G yang telah diserahkan penyidik ada beberapa jenis. Masing-masing 784 kaleng Tramadol, 300 strip Tramadol, 2.200 strip Somadril, 170 kaleng Trihexiphenidil dan 13 kaleng Dextromethorphan.
“JPU kini tengah menyusun dakwaannya di tahap penuntutan,” ujar Kepala Seksi Intelijen Kejari Makassar Alham, pekan lalu.
Selain menyusun dakwaan, tambah Alham, JPU juga berupaya untuk mempercepat perampungan berkas perkara kasus tersebut sebelum masa penahanan JPU terhadap tersangka habis. Juga agar proses hukum dalam kasus ini bisa secepatnya disidangkan di Pengadilan Negeri Makassar.
“Berkas dakwaannya kita upayakan bisa secepatnya rampung agar segera kita limpahkan ke pengadilan,” tandasnya.
Dalam kasus ini, dua pengedar obat-obatan yang masuk dalam daftar G, Kasmin (34) dan Muis Dg Nyiko (40) diringkus Tim Khusus Polres Gowa, Senin (17/7) lalu.
Kasmin ditangkap di rumah Muis Dg Nyiko di alan Daeng Tata Lama, Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.
Usai ditangkap, polisi kemudian melakukan pengembangan. Dari hasil interogasi, kedua pelaku akhirnya menunjukkan dari mana obat tersebut diperoleh.
Tak butuh waktu lama, salah satu rumah toko (ruko) di Jalan Mallengkeri, Makassar milik Alex digeledah petugas. Hasilnya, polisi menemukan puluhan karung dan kardus yang diduga berisi butiran obat daftar G dengan berbagai jenis. Selain itu juga penyidik telah menetapkan Alex sebagai tersangka dalam kasus ini. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top