Berita Kota Makassar | Lemsaneg Gulirkan 35 HT Untuk Diskominfo Gowa
Gojentakmapan

Lemsaneg Gulirkan 35 HT Untuk Diskominfo Gowa

GOWA, BKM — Sebanyak 35 unit Handy Talky (HT) diserahkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) kepada Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa. Bantuan peralatan komunikasi digital itu telah diterima Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Gowa, Arifuddin Saeni pekan lalu.
Terkait bantuan tersebut, Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Gowa, Arifuddin Saeni, Kamis siang (5/10) di kantor bupati Gowa, mengatakan, 35 unit HT ini akan diserahkan penggunaannya kepada 18 camat serta pimpinan SKPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan.
”HT ini gunanya untuk pemantauan kecamatan dengan menggunakan sistem digital yang tidak bisa ditembus frekuensi lain. Ini dikunci sendiri oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Dan sandinya hanya pihak Lemsaneg yang tahu,” jelas Arifuddin Saeni kepada wartawan di ruangan bagian Humas Kerjasama Setkab Gowa.
Dikatakan, HT ini punya jalur frekuensi sendiri. HT ini digunakan untuk memback-up Pilkada dan Pemilu mendatang. ”Kenapa harus menggunakan HT, sebab beberapa daerah di dataran tinggi tidak bisa dijangkau jaringan. Sehingga Lemsaneg mengalokasi bantuan HT ini untuk Kabupaten Gowa yang memiliki daerah pegunungan. Barangnya sudah ada sejak pekan lalu dan baru diagendakan untuk diserahkan secara resmi oleh gubernur Sulsel kepada bupati Gowa dalam waktu dekat ini,” tambah mantan Kabag Humas Setkab Gowa ini.
Selain HT, tambah Arifuddin Saeni, pihaknya juga akan mendapat bantuan 4 unit repeater dengan 1 unit jammers. Yakni alat pengacau signal. Peralatan ini akan digunakan nantinya dalam rapat-rapat rahasia pemerintah yang tidak boleh disadap frekuensi lain. Juga memfilter signal sehingga tidak boleh ada signal bebas keluar dan masuk.
”Ini repeater dan jammers tidak dijual bebas. Ini hanya diperuntukkan khusus bagi lembaga pemerintahan. Dan yang berwenang untuk keamanan sandi dan lainnya adalah Lemsaneg. Dan itu (sandi), tiap tahun diubah oleh Lemsaneg sendiri,” jelasnya. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top