Berita Kota Makassar | Anggota Capai 70 Orang, Intens Gelar Event
Headline

Anggota Capai 70 Orang, Intens Gelar Event

IST GELAR EVENT-Sebagian dari 70 anggota Pe.G.M yang intens menggelar event.

MENGGELAR kegiatan dari satu tempat ke tempat lain menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi orang-orang di sebuah komunitas. Apalagi dilakukan bersama dengan mereka yang punya hobi serupa.

Laporan: Nugroho Nafika Kassa

EKSISTENSI Perkumpulan Gitar Makassar yang biasa disingkat Pe.G.M dalam bermusik, ditunjukkan dengan intensnya mereka melaksanakan dan mengikuti berbagai event.
Di Makassar, orang yang menyukai gitar dan memainkannya ternyata cukup banyak. Hal itu dibuktikan dari banyaknya jumlah anggota komunitas yang tergabung di Pe.G.M.
Di satu komunitas ini saja anggotanya sudah mencapai 70 orang. Keberadaan sebuah perkumpulan dengan jumlah anggota sebanyak itu, menjadi gambaran jika perkembangan musik di kota ini akan semakin baik ke depannya.
Pe.G.M biasanya mengadakan beberapa kegiatan bulanan. Atau paling sering jika ada event tertentu yang membuat mereka bisa tampil dan ambil peran di dalamnya.
Biasanya Pe.G.M tak melakukan event sendirian. Komunitas Musisi Makassar kerap digandengnya untuk berkolaborasi.
“Biasanya kalau teman-teman buat event itu bergandengan dengan KMM (Komunitas Musisi Makassar). Namanya sekarang berganti jadi Musisi Makassar,” kata Enno selaku humas Pe.G.M.
Sinergi antara keduanya biasa menggelar jamming session di BBM Cafe Pasar Segar. Hal yang menjadi sangat menarik bagi Enno dan kawan-kawannya dalam event seperti ini, karena bisa berkumpul sambil ngopi bersama. Kebahagiaan yang didapat terasa begitu sederhana, namun memiliki makna yang dalam.
Selain di area Pasar Segar, Pe.G.M juga pernah menggelar event yang cukup unik di Taman KPJ. Dilaksanakan di bulan Ramadhan. Namanya G3 (tiga gitaris) Ngabuburit Concert. Dalam penampilannya kala itu, ada formasi trio gitaris yang manggung secara bergantian sambil menunggu buka puasa tiba.
Pe.G.M saat ini menjadi komunitas yang paling terpercaya dalam melaksanakan event. Mereka sudah dipercaya oleh majalah gitaris skala nasional untuk menjadi panitia bila media tersebut menggelar konser di Makassar.
Di Bulan Agustus lalu contohnya, Pe.G.M mengadakan event yang bertajuk “Tone Made Easy”. Event ini hasil kerja sama antara Yamaha, Gitar Plus, dan Pe.G.M. Penonton yang hadir pun sangat membludak saat itu. Hasilnya, event ini pun akan dijadikan event tahunan antara Yamaha, Gitar Plus, dan Pe.G.M nantinya.
Dalam menjalankan keseharian di komunitas, tentu pasti ada suka dan duka. Enno sedikit bertutur tentang suka dan suka selama ini menjalani hari-hari di Pe.G.M. “Sukanya itu kadang-kadang kita lagi ngumpul, terus ada senior yang datang. Kita pun bisa sharing ilmu sama mereka. Pengetahuan pun bertambah. Kalau dukanya hampir tidak ada sih. Cuma kadang-kadang kalau teman-teman disuruh ngumpul, yang datang sedikit. Itu saja sih,” terangnya.
Enno pun merasa nyaman selama bergabung di Pe.G.M. Ia menegaskan, siapapun yang hendak bergabung, perkumpulannya sangat terbuka. Ia berharap jika suatu saat nanti Pe.G.M bisa berkembang menjadi lebih besar lagi. (*/rus/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top