Gojentakmapan

Pemkab Pangkep Kucurkan SPP Gratis Rp3,7 M

PANGKEP, BKM — Dalam waktu tidak lama lagi, Pemkab Pangkep akan mengucurkan SPP gratis sebesar Rp3,7 miliar. Dana ini ditujukan kepada 3.743 mahasiswa asal Pangkep. Pemkab sendiri sudah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama 80 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Kepala Dinas Pendidikan Pangkep, Idris Sira, menjelaskan, pemberian beasiswa tersebut merupakan terobosan baru Pemkab Pangkep saat ini. Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia ke depannya dalam dunia pendidikan.
”Kita ingin ke depannya kualitas sumber daya manusia yang ada di Pangkep lebih meningkat lagi. Pemkab menempuh hal ini, karena rendahnya minat lanjut ke perguruan tinggi. Sehingga menjadi salah satu penyebab dilakukannya kebijakan bantuan beasiswa ini,” kata Idris .
Ditambahkan mantan Kabag Umum Pemkab Pangkep ini, angka lanjut ke perguruan tinggi pada 2015, hanya berada dikisaran 10 persen. Kemudian pada 2016 saat diterapakan bantuan program SPP gratis dari Pemprov Sulsel mengalami peningkatan sebanyak 15 persen.
Sehingga menurutnya, Pemkab Pangkep menginisiasi program SPP gratis ini untuk semua mahasiswa yang berasal dari Pangkep. ”Harapan kita angka lanjut tahun ini, bisa mencapai 50 persen dengan adanya program seperti ini,” tambahnya.
Data dari dinas pendidikan Pangkep, total rincian penerima SPP gratis, yaitu mahasiswa angkatan tahun 2013 sebanyak 551 orang, mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 869 orang, mahasiswa 2015 sebanyak 988 orang, mahasiswa 2016 sebanyak 1.060 orang, dan mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 5 orang.
Terdapat pula dua mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di China juga mendapat bantuan SPP gratis tersebut. ”Program SPP gratis ini diberikan kepada semua mahasiswa berasal dari Pangkep yang dibuktikan dengan KTP, surat aktif kuliah, dan kuitansi pembayaran SPP. Jadi, bantuan ini diberikan kepada siapa saja mahasiswa baik yang mampu maupun kurang mampu,” jelasnya.
Nominal yang diberikan juga bervariasi, yakni dikisaran Rp600 ribu sampai Rp2 juta. Bergantung dari jumlah SPP mahasiswa tersebut. ”Saat ini sementara proses penyelesaian administrasi untuk pencairan bantuan ini. Dalam bulan ini akan kita usahakan pencairannya,” beber Idris. (udi/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top