Headline

Lulus 2014, SK PNS Belum Dikantongi

MAKASSAR, BKM — Nada bertanya-tanya kini melingkupi ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemkot Makassar. Sebab, meski dinyatakan lulus dalam penerimaan CPNS tahun 2014 lalu, hingga saat ini SK PNS 100 persen belum juga mereka kantongi.
Dalam seleksi penerimaan CPNS 2014 lalu, selain dari jalur pegawai honorer K2 (kategori dua), pemkot juga menerima dari jalur umum. Kala itu tercatat ada 623 honorer K2 yang dinyatakan lulus. Sementara untuk umum 123 orang.
Hal itu dirincikan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Makassar Basri Rahman. Diapun membenarkan, jika dari total 746 orang yang lolos dalam seleksi dan tes CPNS 2014, belum semuanya menerima SK PNS dan mendapat gaji penuh.
“SK pengangkatannya ditandatangani langsung Pak Wali. Penerbitannya dilakukan secara bertahap. CPNS yang lulus itu kan harus diuji selama satu tahun bekerja. Kemudian ikut prajabatan dan diangkat sebagai PNS berdasarkan SK yang diterbitkan,” jelas Basri Rakhman, Minggu (17/9).
Pascapengumuman kelulusan tes CPNS 2014 lalu, tambah Basri, BKPSDMD Makassar mengajukan atau mengusulkan 746 nama ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang sejak saat itu ditandatangani langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Dan kemudian BKN mendata nama-nama tersebut untuk diberikan SK.
“Ini tinggal SKnya saja. Memang agak lama ditandatangani Pak Wali, karena harus secara bertahap. Sejauh ini, sejak 2015 sampai 2016, ada 50 persen yang sudah diberikan SK. Sisanya menyusul. Tergantung kapan Pak Wali mau tanda tangani SKnya. Mereka yang lolos CPNS belum bisa dapat gaji PNS kalau belum ada SKnya,” tandasnya.
Dihubungi terpisah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pengangkatan CPNS menjadi PNS adalah kewenangan pemerintah pusat. Pemerintah Kota Makassar hanya menunggu petunjuk serta arahan dari pusat untuk melaksanakan. Termasuk menerbitkan SK pengangkatan.
Terkait soal penandatangan SK pengangkatan yang tinggal menunggu tanda tangan, wali kota yang akrab disapa Danny ini berjanji akan menyelesaikan secepatnya. Selanjutnya diserahkan kepada CPNS bersangkutan.
“Saya selalu di Makassarji. Kalau tinggal tanda tangan, nanti saya tandatangani,” janjinya. (arf/rus)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top