Kriminal

Eks Dirut PD Pasar Berpotensi Ditahan

MAKASSAR, BKM — Penyidik bidang tindak pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Makassar kini tengah menyusun berkas penyidikan kasus dugaan korupsi penjualan lods Pasar Pa’baeng-baeng tahun 2016. Masih ada beberapa saksi yang akan dimintai keterangannya.
”Berkas penyidikannya sementara kita susun. Tapi masih ada beberapa orang saksi lagi yang masih akan kita mintai keterangannya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pidsus (Kasi Pidsus) Kejari Makassar Haedar, Rabu (13/9).
Dalam kasus ini, penyidik telah menetapkan satu orang tersangka. Yakni mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Abd Rahim Bustam. Ia dijerat pasal 8 subsider pasal 12 huruf (a) dan (e) Undang-undang Tipikor, junto pasal 55 ayat (1) ke (1) KUHP. Rahim disebut turut berperan serta atau penganjuran terhadap terpidana mantan Kepala Pasar Pa’baeng-baeng Laisa Manggong.
Menurut Haedar, Rahim Bustam juga akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka. ”Kalau pemeriksaan sebagai tersangka, secara otomatis itu terakhir di tahap penyidikan,” terangnya.
Apalah nantinya Rahim Bustam langsung ditahan usai menjalani pemeriksaan? Haedar mengaku belum bisa memastikan.
Namun ia tak menampik bila hal itu kemungkinannya bisa saja terjadi. Hanya saja, ditahan atau tidaknya, semua tergantung petunjuk serta pertimbangan dari pimpinan.
“Kemungkinan ditahan itu bisa saja terjadi. Tapi semua tergantung petunjuk dan pertimbangan dari pimpinan nanti,” tandasnya.
Kalaupun nantinya tersangka ditahan, tambah Haedar, tentu ada alasannya. Begitu pula sebaliknya. Karena itu ia tidak ingin berspekulasi lebih jauh, sebab semuanya masih sementara berproses di tahapn penyidikan. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top