Kriminal

Dua Begal Bersenjata Softgun Ditangkap, Satu Ditembak

MAKASSAR, BKM — Dua pelaku begal berhasil diringkus tim Resmob Polsek Panakkukang. Dalam aksinya, tersangka membekali diri dengan pistol jenis air softgun.
Penangkapan terhadap keduanya berlangsung Rabu (13/9) pukul 07.30 Wita, dipimpin Iptu Harianto Rahman, didampingi Dantim Bribka Zulqadri diback up Tim Khusus Polda Sulsel. Mereka yang diringkus adalah Muh Faisal Nurdin alias Iccang (22), dan Muh Renaldi alias Aldi (17). Keduanya merupakan warga Jalan Haji Kalla Nomor 12.
Pengungkapan kasus ini bermula ketika anggota kepolisian menerima informasi dari warga jika ada dua pria yang diduga pelaku begal sedang berada di rumahnya. Aparat langsung menindaklanjutinya dan bergerak ke lokasi.
Iccang dan Aldi berhasil diringkus tanpa perlawanan. Selanjutnya digiring ke posko Resmob Polda Sulsel untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.
Dari hasil interogasi, Iccang mengaku pernah melakukan pencurian disertai kekerasan bersama Aldi. Di Jalan Penjernihan, keduanya mengancam korban menggunakan air softgun lalu mengambil HP Iphone 6 dan Samsung S7.
Mendengar pengakuan Iccang dan Aldi, tim gabungan kembali bergerak melakukan pengembangan. Keduanya digiring untuk menunjuk lokasi aksinya.
Namun, di perjalanan Iccang melakukan perlawanan. Dia berontak hingga lepas dari kawalan petugas. Iccang berusaha melarikan diri.
Tindakan persuasif diambil polisi dengan melepaskan tembakan peringatan ke udara. Namun tak dihiraukan. Petugas mengambil langkah tegas dengan menembak kaki Iccang. Selanjutnya dievakuasi ke RS BHayangkara guna mendapat perawatan medis.
Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti. Masing-masing satu unit Iphone 6, satu unit HP Samsung S7, sepucuk senjata jenis air softgun, serta satu unit sepeda motor merek Yamaha Fino yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.
Kapolsek Panakkukang Kompol Dodik membenarkan penangkapan kedua tersangka begal ini. Satu diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melarikan diri.
“Dalam melakukan aksinya, kedua tersangka menggunakan pistol jenis air softgun. Ketika ketakutan, kedua pelaku langsung mengambil HP milik korban,” jelas Dodik. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top