Kriminal

Telusuri Dana Koperasi, Jaksa Periksa Eks Dirut LPDB

MAKASSAR, BKM — Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel terus menelusuri aliran, serta penyaluran dana koperasi dari Kementrian Koperasi RI melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) untuk Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).
Guna kepentingan penyidikan, penyidik kejati kembali melakukan pemeriksaan terhadap ekas Direktur Utama (Dirut) LPDB Kemas Daniel. Ia dimintai keterangannya di ruang penyidik bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulsel, Selasa (12/9). Pemeriksaan sejak pukul 10.00 Wita itu berlangsung tertutup.
”Yang bersangkutan (Kemas Daniel) dipanggil untuk dimintai keterangannya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Salahuddin, kemarin.
Menurut Salahuddin, pemeriksaan Kemal dalam kapasitasnya sebagai saksi dugaan korupsi penyimpangan dana bergulir koperasi tahun 2013. Ia dimintai penjelasan terkait mekanisme dan aturan penyaluran dana bergulir bagi koperasi penerima bantuan.
”Ini yang masih kita telusuri, sejauh mana peran serta keterlibatan pihak LPDB dalam kasus ini. Termasuk pimpinan dan mantan pimpinan di LPDB,” ujarnya.
Dalam kasus ini, sudah ada pemilik koperasi dan pejabatnya yang telah dijadikan tersangka. Bahkan sudah ada diantaranya yang telah dijatuhi pidana. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top