Sulselbar

Siswa Ikuti Simulasi Dende-dende Demokrasi KPU Gowa

BKM/IST SOSIALISASI--Cara KPU Gowa menarik minat para pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam Pilkada serentak 2018 mendatang dengan melakukan simulasi demokrasi dalam bentuk permainan tradisional.

GOWA, BKM–Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Gowa atau yang lebih populer dengan sebutan Salis (SMA 159) antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, Senin (11/9).
Sosialisasi terhadap pemilih pemula ini dilakukan KPU Gowa sebagai upaya mendongkrak minat pelajar yang telah berusia wajib pilih atau 17 tahun ini untuk menyalurkan hak pilihnya nanti pada Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 mendatang.
Uniknya, aksi KPU Gowa ini dalam bersosialisasi dinilai kalangan pelajar cukup sinergi dengan minat mereka lantaran pihak KPU mengemas sosialisasi ini dalam bentuk simulasi dolanan tradisional anak-anak Gowa yakni a’dende dende.
Muhtar Muis selaku Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Gowa kepada media mengatakan, sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini sengaja dikemas dalam kegiatan road to school dan mengambil muatan lokal sehingga saat disimulasikan para pelajar mudah paham dan tidak jenuh.
“Simulasi ini berlangsung dalam bentuk sosialisasi di masjid sekolah dan games oto cara’de di halaman sekolah serta bermain dende-dende. Permainan tradisional ini dikemas sesuai tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 yang akan datang. Setiap kotak dalam permainan dende-dende ini kita beri nama tahapan pilkada serentak 2018. Bentuk seperti ini diharapkan menjadi sarana edukasi dan penyampaian tahapan pilkada yang akan dihelat 27 Juni 2018 mendatang,” kata Faizal Hamzah Barlian, koordinator games oto cara’de di sela-sela kesibukannya memandu games.
Dalam setiap games, jelas Faizal, pemenang akan mendapatkan hadiah menarik yang telah disiapkan KPU Gowa. Selain dende-dende, tim oto cara’de juga membagikan teka-teki demokrasi dan kuisioner kepada siswa. Teka-teki nantinya akan diundi di akhir bulan untuk mendapatkan pemenang.
Sementara itu, di dalam aula masjid SMAN 1 Gowa juga berlangsung sosialisasi yang dibawakan komisioner KPU Gowa, masing-masing Nuzul Fitri (Divisi Teknis), Arif Budiman (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat) dan Muhtar Muis (Divisi Perencanaan Program dan Data).
Pada sosialisasi tersebut, siswa diberikan pengetahuan tentang pemilih pemula dan pemilih muda serta bagaimana menjadi pemilih cerdas. (sar/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top