Sulselbar

Program GIS Bisa Permudah Pelayanan

LUWU, BKM — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Luwu terus bergerak maju melakukan terobosan soal pelayanan publik.

Kepala BPD Luwu Muhammad Rudi optimis program layanan satu peta satu pintu yang sudah dibentuk melalui tim Gugus Tugas Informasi Geospasial sangat memungkinkan mendukung berbagai pelayanan publik.
Menurut Rudi pihaknya telah melauncing program satu peta berbasis data terkoneksi dan mereka yang terlibat dalam gugus tugas sudah dilatih soal Geografi Informasi Spasial (GIS) dasar. “Hampir semua SKPD lingkup Pemkab Luwu memiliki peta dasar yang berbeda beda. Saya berharap kebijakan yang kami lakukan bisa terkoneksikan langsung dengan BIG,” ujar Rudi, Selasa (12/9),
Dijelaskan Rudi, gugus tugas spasial bentukan Pemkab Luwu melibatkan lintas SKPD mulai dari Bappeda, Dinas Perumahan dan Pemukiman, BP3M, Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kominfo.
Beberapa dinas masih membutuhkan dukungan soal peningkatan SDM Geospasial, aspek lain.
Rudi menambahkan tim Gugus Tugas membutuhkan data Peta Rupatama Indonesia yang memuat tentang data dan peta topografi yang menampilkan sebagian unsur-unsur alam dan buatan manusia di seluruh wilayah Indonesia .
“Di peta Rupatama ada beberapa Unsur-unsur kenampakan rupabumi dapat dikelompokkan menjadi beberapa item diantaranya, penutupan lahan seperi hutan, area sawah dan pemukiman, item lainnya yakni Hidrografi yang meliputi unsur perairan seperti sungai, danau, garis pantai dan sebagainya.
Sedangkan item Hipsografi menyangkut ketinggian seperti titik tinggi dan konturtema, item lainnya yakni soal Bangunan meliputi gedung, rumah dan bangunan perkantoran dan budaya lainnya. (wan/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top