Metro

Penyakit Cacar dan Sarampa Mewabah di Musim Pancaroba

ist Penyakit Cacar

CACAR air atau yang disebuat chicken pox disebabkan oleh virus varisela zooster. Penularan cacar air bisa melalui percikan udara dari sekresi lendir, batuk maupun bersin. Sementara penyebab penularan yang paling potensial adalah kontak langsung pada lesi/bintik berisi cairan.

Laporan; RAHMA AMRI

“Perlu diwaspadai jika kulit mulai muncul bintik dengan cairan yang masih jernih, itulah masa yang paling menular,” ujar Kadis Kesehatan Sulsel Rachmat Latif.
Gejala yang ditimbulkan adalah demam. “Namun demamnya tidak terlalu tinggi, sehingga orang tua sering mengabaikan dan menganggapnya hanya sebagai gejala flu biasa, padahal itu gejala awal cacar air.
Selain cacar air, cuaca yang cukup ekstrem saat ini juga memicu munculnya penyakit seperti flu, pilek, batuk, demam berdarah, dan masih banyak lagi. Malah ada juga warga yang tercatat terkena campak atau populer dikatakan sarampa.
Kendati demikian, menurut Rachmat Latif, banyaknya warga yang terpapar flu, pilek, batuk, hingga cacar, belum dikategorikan sebagai kejadian luar biasa (KLB).
Dia mengatakan, seperti saat pergantian musim atau pancaroba sebelumnya, memang banyak warga yang terpapar penyakit.
“Kami sudah siapkan standar operasional prosedur atau SOP untuk menghadapi persoalan itu. Ada 455 puskesmas dan 93 rumah sakit yang siap melayani pasien yang terpapar penyakit akibat pancaroba, ” kata Rachmat di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (12/9).
Dia menekankan, itu bukan barang baru yang dihadapi. Menghadapi kejadian seperti ini, pihak rumah sakit dan puskesmas sudah tahu apa yang harus dilakukan.
Untuk menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit saat kondisi cuaca sedang ekstrem, masyarakat harus bisa beradaptasi dengan musim. Sebab, musim tidak bisa dikendalikan.
Masyarakat harus tahu apa yang harus dilakukan sebagai upaya promotif dan preventif. Terutama dalam berperilaku hidup sehat.
Selain itu, lanjut Rachmat, masyarakat juga harus tahu apa yang harus dilakukan saat banyak orang terjangkit penyakit.
Misalnya, ketika banyak orang terjangkit flu, pilek, dan batuk, sebaiknya menggunakan masker agar tidak ada kontak langsung dengan pengidap.
Selain itu, biasakan hidup bersih dan sehat serta makan makanan dengan gizi seimbang.
“Harus diketahui ada penyakit ada yang menular lewat media air dan udara,” jelasnya.
Untuk kebutuhan obat-obatan, dia menjamin ketersediaan obat-obatan. Bahkan dalam setahun penuh. (*-int)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top