Headline

Klaim Teratas Tiga Pasang Bacagub Versi Lembaga Survei

MAKASSAR, BKM — Tiga bakal calon gubernur diklaim memiliki elektabilitas paling teratas, diantara empat bakal calon yang saat ini santer disebut akan ikut bertarung di pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel 27 Juni 2018 mendatang.
Ketiganya yakni Prof Nurdin Abdullah (NA), Ichsan Yasin Limpo (IYL) serta Agus Arifin Nu’mang. Sementara bakal calon gubernur (bacagub) usungan koalisi Partai Golkar, Nasdem dan PKPI HAM Nurdin Halid (NH) mengklaim elektabilitasnya terus menanjak setiap bulan.
Direktur eksekutif PT Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, mengemukakan bila survei tingkat keterpilihan atau elektabilitas NA masih berada di posisi puncak seperti survei bulan-bulan sebelumnya.
“Survei Pak Profesor masih di urutan pertama, NH kedua, IYL ketiga, Agus keempat dan Bro Rivai kelima,” ujar Suwadi, Selasa (12/9). Suwadi memperlihatkan angka elektabilitas masing-masing bakal calon. Namun ia meminta agar angkanya tidak dipublis.
Sementara itu, IYL juga diklaim memiliki survei yang sangat tinggi jauh meninggalkan bakal calon lainnya. Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), mengklaim bila IYL yang pernah tercatat sebagai Bupati Gowa dua periode ini sudah berada di posisi puncak. Hanya saja, JSI enggan membeberkan tingkat elektabilitas IYL yang berpasangan dengan Andi Mudzakkar alias Cakka. “Survei Pak Ichsan masih berada di posisi teratas,” ujar peneliti dari JSI Arif Saleh.
JSI baru saja menyerahkan hasil survei IYL kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra untuk dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, sebagai bahan pertimbangan untuk mengusung pasangan IYL-Cakka di Pilgub mendatang.
Sebuah sumber menyebut bila angka elektabilitas IYL-Cakka teratas dengan kisaran angka 27 persen.
Adapun Agus Arifin Nu’mang juga disebut memiliki survei teratas. Peneliti dari lembaga survei Citra Komunikasi (Cikom), salah satu lembaga di bawah naungan PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Danny JA, menempatkan Agus yang juga wakil gubernur dua periode ini berada di posisi puncak.
“Saya tidak bisa menyebut angkanya. Tapi hasilnya Pak Agus masih menempati posisi teratas dibanding kandidat lain,” ujar peneliti Cikom Wiliadi.
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Idrus Marham memaparkan, hasil survei untuk tingkat elektabuilitas NH-Aziz sangat menjanjikan. Karena tren pergerakannya naik setiap bulan.
Bahkan Idrus Marham mengaku yakin dengan tren yang naik akan menempatkan NH-Aziz di posisi puncak pada bulan Oktober mendatang.
”Tren survei NH-Aziz terus naik. Oktober mendatang sudah teratas,” ujar Idrus.
Dukungan Partai Nasdem di Pilgub untuk calon Partai Golkar dipastikan akan menaikkan elektabilitas NH-Aziz dalam waktu cepat. Kemarin, Selasa (12/9) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem telah resmi mengusung pasangan bakal calon NH-Aziz pada pentas Pilgub Sulsel 2018 mendatang.
Penyerahan dokumen tertulis sebagai bukti dukungan DPP Nasdem kepada NH-Aziz di Sekretariat DPP Nasdem di Jakarta, Selasa sore (12/9).
Penyerahan berkas dukungan tersebut dilakukan DPP melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Nasdem Nining Indra Saleh kepada Sekretaris DPW Nasdem Sulsel H Syaharuddin Alrif. “Alhamdulillah, DPP Nasdem telah menyerahkan surat rekomendasi usungan kepada kami untuk kita arahkan dukungan semua kepada NH-Aziz,” ujar Syaharuddin.
Legislator Sulsel ini berangkat ke Jakarta khusus untuk menerima rekomendasi Nasdem tersebut bagi NH-Aziz.
Jika tak ada aral melintang, sesuai rencana Partai Nasdem Sulsel, melalui Ketua DPW, H Rusdi Masse (RMS) akan menyerahkan rekomendasi Nasdem tersebut pada 14 September 2017 di Makassar kepada NH. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top