Sulselbar

Kapolres Pantau Pengangkutan Baling-baling

PANTAU -- Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji dan Kapolres Parepare AKBP Pria Budi saat memantau baling-baling turbin dipelabuhan Cappa Ujung Parepare, Selasa (12/9).

PAREPARE, BKM — Kapolres Parepare AKBP Pria Budi dan Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji memantau langsung proses pengangkutan alat material milik PLTB Mattirorasi, Selasa (12/9).
Keduanya melihat kesiapan pengangkutan alat induk material Turbin angin poros horizontal.
Jenis turbin dikategorikan pengangkutannya sangat hati-hati. Sebab, alat ini merupakan model turbin angin dengan desainnya memiliki blade dan berputar pada sumbu vertikal.
Selain itu, jenis turbin angin ini memiliki bilah baling-baling seperti di pesawat. Turbin angin jenis ini memiliki shaft rotor dan generator pada puncak tower dan harus diarahkan ke arah angin bertiup.
“Alat ini butuh konsentrasi untuk mengangkutnya, selain besar juga bobotnya sangat berat. Kalau tidak hati-hati bisa patah karena panjangnya mencapai 58 meter,”ujar Kapolres Sidrap, AKBP Witarsa Aji, dipelabuhan Cappa Ujung, Selasa kemarin.
Witarsa menambahkan untuk proses pengangkutan, dirinya bersama Kapolres Parepare AKBP Pria Budi sudah merekayasa jalur yang akan dilalui.
“Pengamanan telah terintegrasi. Disini sama-sama kita terlibat seperti Polres Parepare, pihak DLLAJ Dishub dan PT Pelindo Parepare,”lontarnya.
Rencananya, baling-baling ini akan berdiri dengan menara setinggi 80 meter. Begitu juga menggunakan mesin turbin jenis Gamesa G114 2.5MW dari Spanyol dan tiga bilah masing-masing sepanjang 56 meter. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top