Politik

Akar Apresiasi Golkar Usung Seto

IST MENERIMA--Politisi Partai Gerindra Andi Seto Gadhista Asapa bersama ayahnya yang juga mantan Bupati Sinjai dua periode Andi Rudianto Asapa usai menerima dukungan dari Partai Golkar sebagai bakal calon Bupati Sinjai.

SINJAI, BKM–Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah menegaskan dukungannya kepada politisi Partai Gerindra Andi Seto Gadhista Asapa untuk diusung di Pemilihan Bupati (Pilbup) telah diterima para kader partai berlambang pohon beringin rindang. Para kader menilai jika pernyataan Ketua Harian DPP Partai Golkar, HAM Nurdin Halid (NH) yang menyatakan agar Andi Seto yang akan diusung di Pilbup Sinjai juga diapresiasi Sekretaris Golkar Sinjai, Hj Andi Kartini, MSp (Akar).
Menurut Akar, apa yang disampaikan NH, patut diapresiasi dan dijalankan karena sudah sesuai dengan mekanisme Partai.
Dengan diusungnya Andi Seto, berarti DPP telah memilih dari hasil penjaringan yang dilakukan mulai dari tingkat desa hingga tingkat pusat.
Dikatakannya, sesuai keputusan tim penjaringan DPD II Partai Golkar diputuskan mengirim delapan nama ke DPD I Golkar Sulsel. Beberapa nama yang dikirim diantaranya Andi Seto, Andi Fajar Yanwar dan dirinya. “Ini sudah sesuai mekanisme partai, dimana A Seto terpilih dari hasil penjaringan tim dari mulai dari tingkat desa hingga pusat,”jelasnya.
Namun demikian, lanjut Kartini, Golkar Sinjai tetap menunggu rekomendasi dari DPP, untuk bergerak secara masif memenangkan usungan. “Kami menerima Keputusan DPP untuk mengusung Andi Seto, karena sudah sesuai dengan mekanisme partai. Dan kepada relawan simpatisan dan keluarga Akar agar tetap berjuang untuk Sinjai, melalui pemikiran dan kerja nyata sambil menunggu intruksi partai,”katanya.
Sebelumnya, NH mengatakan, usungan itu melalui mekanisme yang ada. “Saya pikir Partai Golkar dalam menentukan usungan tentunya sangat profesional, dan melalui mekanisme yang ada. Olehnya itu, Golkar menyatakan mengusung Andi Seto Gadista Asapa sebagai calon Bupati Sinjai periode 2018-2023,” ungkap NH di Wisma Tangka Sinjai Utara, pekan lalu.
Saat melakukan safari politiknya, NH menyampaikan jika nantinya Golkar secara resmi mengusung Seto sebagai bakal calon, harus memilih kader Golkar sebagai pasangannya.
Dukungan Golkar kepada politisi Gerindra Andi Seto berpotensi munculnya peluang head to head di Pilbup. Pemerhati politik dari sebuah perguruan tinggi di Sinjai Salahuddin menilai ada peluang terjadinya koalisi gemuk jelang Pilbup. Apalagi jika pergerakan dan strategi politik Takyuddin Masse (TMS) semakin kencang dan sulit dibendung. “Upaya koalisi gemuk TMS yang dijalankan dan tentu dengan strategi pergerakannya ini TMS berpotensi mengerucutkan hanya dua kandidat yang akan bertarung di Sinjai,”ujar Salahuddin, Selasa (12/9).
Salahuddin menerangkan bahwa saat ini TMS didukung PPP kubu Romahurmudziy yang mengontrol 4 kursi, Nasdem 2 kursi dan PKS 1 kursi. Selain itu, tidak menutup kemungkinan dukungan partai politik yang ikut berkoalisi terus bertambah.
Sementara itu, Idris salah seorang mahasiswa menilai bahwa TMS memiliki jaringan yang baik kepada pimpinan parpol seperti Nasdem, PPP, PKB, PKS, PBB dan PAN. “Jika parpol tersebut bergabung ke TMS maka hampir dipastikan bahwa pertarungan satu lawan satu disinjai akan terjadi, apalagi jika wakil TMS membawa gerbong Hanura dan PDIP,”urai Idris.
Yudi Jubir TMS yang dimintai tanggapannya menjelaskan bahwa pihaknya terus membuka ruang bagi seluruh partai yang siap berkoalisi. “Untuk sementara baru tiga partai yang sudah jelas menjadi kendaraan politik kami yakni PPP, Nasdem dan PKS Persoalan koalisi gemuk itu diluar dari perencanaan kami tapi kami tidak menutup pintu bagi partai lainnya untuk bergabung.” ungkap Yudi. (rhm-din/rif/

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top